Wings Air Buka Rute Penerbangan Reguler ke Bandara Toraja, 4 Kali Seminggu

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MENGKENDEK — Setelah sukses melakukan penerbangan uji coba (proving flight) di Bandara Buntu Kunik Mengkendek, Kamis, 20 Agustus 2020, maskapai Wings Air resmi membuka penerbangan rute penerbangan regular Makassar – Toraja.

Penerbangan reguler rute Bandara Hasanuddin Makassar ke Bandara Buntu Kunik, Tana Toraja ini akan menggunakan pesawat jenis ATR 72-600 berkapasitas 80 kursi (seat).

Bacaan Lainnya

Rute penerbangan reguler dari Makassar ke Toraja dan sebaliknya, resmi dibuka setelah penandatanganan nota kerjasama antara pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan manajemen Wings Air di terminal Bandara Buntu Kunik Mengkendek Tana Toraja, Kamis, 20 Agustus 2020.

Baca Juga  Pariwisata Toraja Membutuhkan Bandar Udara yang Layak

Dalam nota kerjasama yang ditandatangani kedua bela pihak, pesawat Wings Air berkapasitas 80 seat ini akan mulai beroperasi mulai tanggal 28 Agustus 2020 dengan jadwal empat kali seminggu (Selasa, Rabu, Jum’at dan Minggu).

Dalam nota kerjasama itu juga disepakati harga tiket untuk sekali jalan sebesar Rp 538.000 ditambah PPN sebesar 10%.

Kedua belah pihak juga sepakat bahwa Pemda Tana Toraja memberikan jaminan jumlah tempat duduk sebanyak 40 tempat duduk untuk satu kali terbang sehingga kekurangan penumpang di bawah 40 penumpang untuk sekali terbang dibayarkan oleh Pemda Tana Toraja (subsidi). Misalnya jumlah penumpang dari Makassar ke Tana Toraja 65 orang dan penumpang dari Tana Toraja ke Makassar sejumlah 35 orang maka Pemda Tana Toraja wajib membayar kekurangan penumpang sebanyak 5 penumpang atas kekurangan penumpang dari Tana Toraja ke Makassar.

Baca Juga  Akan Dikunjungi Menhub, Begini Kondisi Terkini Bandara Buntu Kunik

Penerbangan uji coba (proving flight) maskapai Wings Air ATR 72-600 hari ini mendapat sambutan meriah dari Pemda dan masyarakat Tana Toraja. Terlihat terminal Bandara Buntu Kunik di Mengkendek dipadatati warga yang penasaran dengan penerbangan uji coba Wings Air ATR 72-600 tersebut.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae didampingi Sekda Semuel Tande Bura mencoba kursi pesawat Wing Air jenis ATR 72-600.

Bupati Tana Toraja didampingi sejumlah Kepala OPD juga terlihat antusias menyambut pendaratan perdana pesawat Wings Air ATR 72-600. Sambutan meriah dan tepuk tangan menyambut kedatangan Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara dan Manager Area Wings Air Makassar Rony Pasla yang menjadi penumpang pesawat Wings Air pada penerbangan uji coba tersebut. (*)

Baca Juga  Kunker, Dirjen Perhubungan Udara Pastikan Bandara Buntu Kunik Siap Diresmikan Presiden

Penulis: Arsyad Parende
Foto: Penandatanganan nota kerjasama antara pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan maskapai Wings Air untuk penerbangan reguler ke dan dari Bandara Buntu Kunik, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Mudah-mudahan nasib Wings Air lebih baik dari bbrp penerbangan yang masuk bandara Pong Tiku sebelumnya, unurnya tidak seumur jagung sudah tewas. Semoga.