Warga Serahkan Objek Wisata Keren di Toraja Barat Ini untuk Dikelola Pemerintah

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MASANDA — Masyarakat Masanda yang terdiri dari beberapa rumpun keluarga dari berbagai wilayah sekitar Masanda dan Tabang Kabupaten Mamasa duduk bersama di Kawasan Wisata Pa’baladoan, Sabtu 21 Oktober 2017 untuk membahas pengembangan Wisata Pa’baladoan ke depan sebagai salah satu destinasi baru wisata Tana Toraja.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Welem Sambolangi selaku tokoh masyarakat Masanda menghasilkan beberapah poin penting, diantaranya kesepakatan rumpun keluarga masyarakat adat untuk menghibahkan Kawasan Pa’Baladoan seluas kurang lebih 10 hektare untuk dikelola pemerintah menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Tana Toraja.

Bacaan Lainnya

Objek wisata Pa’baladoan di perbatasan Tana Toraja – Mamasa.

Kesepakatan lain yang dihasilkan adalah jika nantinya kawasan wisata ini telah dibuka maka masyarakat Masanda harus diberdayakan untuk menunjang pertumbuhan pariwisata. Masyarakat Adat meminta kawasan wisata ini nantinya tetap diberi nama Kawasan Pa’baladoan Masanda Tabang yang artinya Kawasan Adat masyarakat Masanda dan Tabang.

Nilai jual berupa pesona alam pemandangan jejeran persawahan dan pegunungan yang terletak di dua kabupaten yaitu kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Mamasa dan dua provinsi yaitu Sulewesi Selatan dan Sulawesi Barat bisa dinikmati hanya dari satu tempat. Pa’baladoan juga menawarkan wisata budaya berupa tradisi menabuh gendang di puncak Bukit Pa’baladoan saat terjadi kedukaan dan juga menawarkan pesona Negeri di Atas Awan. (Arsyad Parende)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *