Warga Padang Iring Kerjakan Duiker di Jalan Poros Rantetayo-Rembon Secara Swadaya

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTETAYO — Ratusan warga Mulua’, Lingkungan Kanan, Kelurahan Padang Iring, Rantetayo mengerjakan duiker di jalan poros Rantetayo-Rembon secara bergotong-royong. Biaya pembuatan duiker ini juga merupakan swadaya murni dari warga setempat.

Mereka mengerjakan duiker di jalan poros Rantetayo-Rembon ini selama dua hari, Jumat-Sabtu, 21-22 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Duiker ini dikerjakan warga secara swadaya dan gotong royong karena duiker lama sudah rusak dan sudah lama tidak digunakan. Keberadaan duiker ini sangat penting dan strategis karena saat dalam kondisi rusak, lalu lintas praktis lumpuh di jalur ini.

Baca Juga  Warga Gandangbatu Sillanan Perbaiki Jalan dari Hasil “Lelang Amerika”

“Ada duiker di situ. Sudah lama rusak. Akhirnya masyarakat sepakat curung-curung (kumpu-kumpul uang secara sukarela) untuk membeli bahan, pasir, batu, besi, ciping, dan semen. Lalu dikerjakan secara sukarela,” ungkap Hendrik M, warga setempat.

Dia menyebut, mulanya beberapa warga, seperti Yohanis Tandi Tulak, Marten Pakiding, dan beberapa tokoh pemuda lainnya membicarakan masalah duiker ini dengan Ketua RT setempat, Sonda Manuk Padang. Dari pembicaraan ini, lahirlah kesepakatan bahwa warga akan membangun duiker ini secara swadaya dan gotong royong.

“Luar biasa. Ternyata semangat gotong-royong di masyarakat kita masih sangat bagus. Terlihat sekali di pekerjaan ini, ada warga yang bawa papan, beras, ubi, kopi, dan lain-lain. Kemudian, semua bekerja, dari anak-anak, ibu-ibu, hingga bapak-bapak,” ujar Hendrik.

Baca Juga  Hutan di Rantetayo Terbakar, Beberapa Rumah Warga Nyaris Jadi Korban

Meski sudah selesai dikerjakan, namun para pengguna jalan belum bisa melintas di jalur Rantetayo-Rembon via Padang Iring karena menunggu semen kering agar kekuatan duiker itu bisa bertahan lama. (*)

Penulis: Arthur
Foto: Warga Padang Iring bergotong-royong memperbaiki duiker di jalan penghubung antara Kecamatan Rantetayo dan Kecamatan Rembon. Jalan ini adalah jalan kabupaten.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *