Wabup Toraja Utara Ingatkan Kadis Kesehatan Agar Menggratiskan Surat Keterangan Sehat untuk Calon Mahasiswa Baru

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, mengingatkan kepada Kepala Dinas Kesehatan agar membebaskan biaya surat keterangan untuk calon mahasiswa baru, sesuai dengan kebijakan yang telah diputuskan pimpinan daerah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Rinto menegaskan bahwa pemerintah Kabupaten Toraja Utara tidak mempersulit calon mahasiswa baru yang akan mendaftar ke Perguruan Tinggi di luar Toraja Utara dalam pengurusan surat keterangan sehat.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Laporan Tim Kaleta Soal Dugaan Politisasi PIP Dihentikan Bawaslu Toraja Utara

“Yang perlu saya tekankan kepada adik-adik calon mahasiswa baru mereka harus tetap bisa menjaga pola hidup bersih dan sehat,” kata Rinto.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara, Elizabeth Zakaria, mengatakan Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas memberikan layanan surat keterangan sehat gratis untuk semua calon mahasiswa baru tanpa pengecualian.

Lebih lanjut Elisabeth mengatakan agar tidak memberatkan calon mahasiswa, maka mereka tidak diwajibkan membawa hasil rapid diagnostick test (RDT).

“Para calon mahasiswa baru juga bisa melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan yang ada di Toraja Utara atau di klinik milik Perguruan Tinggi. Yang jelas ada surat keterangan sehat dari faskes kesehatan yang dokternya sudah mempunyai SIP atau surat izin praktik. Dengan adanya SIP kita harapkan melakukan pemeriksaan sesuai kode etik dan profesionalismenya. Sehingga hasil pemeriksaan kesehatan bisa dipakai ke luar Toraja Utara,” urainya.

Baca Juga  Pesta Kembang Api, Jalanan Sekitar Lapangan Bakti Macet Total

Elizabeth menegaskan bahwa setiap calon mahasiswa bisa mendapatkan layanan surat keterangan dengan membawa foto copy KTP dan menunjukkan KTP asli.

“Jika alamat di KTP benar menunjukkan warga Kabupaten Toraja Utara dan untuk kepentingan pendaftaran di kampus, bisa langsung dilayani yang di semua puskesmas di wilayah Kabupaten Toraja Utara,” jelasnya.

Layanan gratis ini tidak berlaku di rumah sakit dan klinik, serta laboratorium swasta. Karena hanya bisa dilayani di fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah kalau di luar itu ada biaya yang harus ditanggung sendiri atau mandiri.

Ditambahkan Kadis Kesehatan, adanya layanan surat keterangan sehat bagi calon mahasiswa baru diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga  Sah, Lapangan Bakti Rantepao Jadi Objek Wisata Kuliner di Toraja Utara

“Sekaligus mengantisipasi penyebaran dan memutus rantai penularan Covid-19, bagi mahasiswa yang akan kuliah ke luar daerah,” pungkasnya. (*)

Penulis: Desianti
Foto: Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang berdiskusi dengan Kadis Kesehatan, Elisabeth Zakaria, terkait surat keterangan dan rapid test bagi calon mahasiswa baru.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *