Wabup Tana Toraja Turun Tangan, Salubarani Kembali Aman

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, SALUBARANI — Aksi protes ratusan warga dan sopir terhadap kebijakan pemerintah Kabupaten Tana Toraja yang mengharuskan warga dari luar mengantongi surat keterangan sehat dan hasil rapid test, berakhir damai.

Aksi ratusan warga yang dilakukan Selasa, 2 Juni 2020 siang di pintu gerbang perbatasan Salubarani, berakhir sekitar pukul 14.00 Wita setelah Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, turun tangan menyelesaikan masalah.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  PKK Tana Toraja Turut Gelorakan Tanam Cabe Nasional di Pekarangan

Victor memberika dua solusi terhadap kebuntuan negosiasi dan meredam kekecewaan warga. Solusi pertama, bagi warga yang hanya melintas di kabupaten Tana Toraja, wajib mengenakan masker (tidak harus ada hasil rapid test). Sedangkan bagi warga yang hendak tinggal dan melakukan aktivitas jual beli di wilayah Tana Toraja, tetap harus memiliki surat keterangan sehat dan hasil rapid test dari daerah asalnya. Petugas juga mendata semua mobil dan orang yang hendak melakukan aktivitas perdagangan di Tana Toraja.

Solusi ini diterima oleh ratusan warga yang melakukan aksi protes. Setelah semua kendaraan dan orang yang sejak pagi bertumpuk di pintu gerbang bergerak, situasi Salubarani kembali lengang.

Baca Juga  Ketua AMPG Tana Toraja: Jangan Lekas Percaya Isu-isu Sesat!

Sebelumnya diberitakan ratusan warga dan pengemudi mobil angkutan barang melakukan aksi protes di pintu gerbang perbatasan Kabupaten Tana Toraja dengan Enrekang, Salubarani.

Rianto, warga Salubarani yang dihubungi karebatoraja.com, mengatakan warga yang hendak melintas ke Tana Toraja untuk membawa dagangan sayur mayur dan komoditas lainnya, tidak diperkenankan oleh petugas, karena tidak dapat memperlihatkan surat keterangan sehat dan hasil rapid test dari daerah asal.

Situasi pintu gerbang Salubarani kembali lengang setelah aksi protes ratusan warga berakhir.

Buntut dari aksi protes tersebut, warga dari kabupaten Enrekang sempat melakukan pemalangan terhadap kendaraan yang melintas dari Tana Toraja menuju ke Makassar.

Ratusan aparat kepolisian dari Polres Tana Toraja dan TNI tiba di Salubarani dan menenangkan situasi. (*)

Baca Juga  Antisipasi Ikan Berformalin Masuk Toraja, Pos Perbatasan Jangan Dibiarkan Nganggur!

Penulis: Arsyad Parende
Foto: dok. Zeth Payangan/Rustam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *