VIDEO: Warga Bokin Gunakan Traktor Sawah Bersihkan Material Longsor Katengkong

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEBUA — Tanah longsor di jalan poros Rantepao-Bokin, tepatnya di Katengkong, Kelurahan Bokin, Kecamatan Rantebua, Toraja Utara, belum teratasi. Hingga Sabtu, 23 Februari 2019, jalan poros itu masih susah dilewati.

“Kemarin (Jumat) sore, waktu dari sana (Bokin) masih susah dilewati. Motor harus didorong ramai-ramai. Kalau mobil, saya tidak lihat ada mobil lewat. Mungkin bisa lewat kalau dipaksakan,” ungkap Aswan Kadang, warga Bokin, kepada karebatoraja.com, Sabtu, 23 Februari 2019.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  BPJS Kesehatan Perkokoh Sinergi dengan Bank Mandiri

Aswan menyebut, sejak tanah longsor terjadi pertama kali pada Rabu malam, 20 Februari 2019, belum ada alat berat dari pemerintah yang membantu membersihkan material longsor. Upaya penanggulangannya pun belum ada.

“Setahu saya belum ada (alat berat). Warga bergotong royong sendiri membersihkan material longsor agar kendaraan bisa lewat. Kemarin siang, waktu hujan lebat, ada longsor susulan,” kata Aswan.

Amsi Simak, warga Bokin lainnya, menginformasikan, karena tidak ada alat berat yang membersihkan material longsor, warga menggunakan peralatan seadanya untuk membersihkan longsor. Bahkan warga menggunakan traktor tangan (handtracktor), yang biasa digunakan untuk membajak sawah, membersihkan material longsor.

“Longsor makin parah. Kemarin, sekitar 100 orang warga Bokin gotong-royong, bahu membahu mengatasi longsor ini tapi tidak membuahkan hasil yang sempurna karena hanya menggunakan alat seadanya,” ungkap Amsi.

Baca Juga  Mahasiswa KKN UKI Toraja Bersihkan Coretan Vandalis di Gerbang Kecamatan Baruppu

Dia menyatakan ada batu besar di dalam lumpur yang tidak bisa digeser tanpa menggunakan alat berat atau eskavator. “Agak sulit membersihkan material longsor tanpa alat berat, karena ada material seperti batu yang susah digeser,” katanya. (*)

Penulis: Arthur
Video: Amsi Simak

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *