Uji Coba Toraja Airport Sukses, Bupati: Ini Kado Istimewah HUT RI dan HUT Tana Toraja

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae menyambut gembira suksesnya uji coba pendaratan pesawat di Bandara Buntu Kunik atau Bandara Toraja (Toraja Airport) yang berlangsung Rabu, 12 Agustus 2020. Dia pun bersyukur bahwa kerja keras semua pihak selama ini tidak sia-sia.

“Puji syukur kepada Tuhan atas segalanya. Kini, Bandara Toraja sudah bisa kita gunakan. Bandara kebanggaan kita dan aset nasional di Toraja,” ungkap Nicodemus, Rabu, 12 Agustus 2020 siang.

Bacaan Lainnya

Dia menyebut, pendaratan pertama pesawat di Bandara Buntu Kunik adalah sejarah yang patut dicatat. Juga merupakan kado istimewah untuk masyarakat Toraja, yang akan menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-75, 17 Agustus 2020 dan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tana Toraja yang ke-63.

“Ini kado istimewah HUT RI dan HUT Tana Toraja. Semoga kelak Bandara ini bisa memberikan multiplayer efek, baik bagi pariwisata, transportasi, maupun pengembangan ekonomi,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, pesawat kalibrasi Hawker 900 XP milik Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, mendarat mulus di landasan pacu Bandara Buntu Kunik, sekitar pukul 10.35 Wita, Rabu, 12 Agustus 2020.

Pendaratan pertama sekaligus uji coba Bandara Buntu Kunik di Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, sebenarnya dijadwalkan berlangsung pada Senin, 10 Agustus 2020. Namun ditunda karena ada komponen pesawat yang rusak.

Bandara ini sudah diusulkan namanya menjadi Bandara Toraja atau Toraja Airport dan dijadwalkan diresmikan Presiden Joko Widodo pada bulan Agustus 2020 ini. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Foto: Pesawat kalibrasi Hawker 900 XP milik Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, berada di apron setelah mendarat dengan sempurna di landasan pacu Bandara Buntu Kunik Mengkendek, Rabu, 12 Agustus 2020.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *