Total Bantuan Pemprov Sulsel ke Toraja Utara untuk Infrastruktur Rp 128 Miliar

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, KESU’ — Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah memantau langsung proyek pengerjaan jalan di ruas jalan provinsi, yang menghubungkan Toraja Utara ke Kabupaten Luwu via Bastem, Senin, 24 Agustus 2020.

Sebelum meninjau proyek pembangunan jalan Toraja Utara – Luwu, Gubernur berkunjung ke Masamba, Kabupaten Luwu Utara, dan singgah di Bandara Buntu Kunik, Tana Toraja.

Bacaan Lainnya

Pengerjaan pelebaran jalan provinsi poros Tedong Bonga – Bastem yang dipantau Nurdin Abdullah salah satu dari empat ruas jalan provinsi dibangun Pemprov Sulsel di Toraja Utara, disamping pedestrian dalam Kota Rantepao serta pembangunan hibah jalan daerah dengan kerjasama  skema khusus Pemkab Toraja Utara.

Baca Juga  Panen Lombok di Buntao, Kalatiku Pertegas Swasembada Holtikultura

“Pengerjaan jalan ini akses Rantepao ke Luwu, karena jalur Palopo-Rantepao longsor saat ini dan Alhamdulillah sudah ada jalan alternatif ke Bua,” ujar Nurdin Abdullah.

Lanjut Nurdin mengatakan, akses jalan ini akan mempermudah dan memberikan inspirasi bagi pemerintah dan masyarakat dua kabupaten.

“Memang sejak dulu daerah Bastem itu sejak Indonesia merdeka belum merdeka karena akses jalan parah, hanya bisa naik motor, sehingga saat ini masyarakat kita disana bisa nikmati jalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan hadir  mendampingi Gubernur Nurdin Abdullah, mengatakan pemerintah Kabupaten Toraja Utara menyambut baik dengan penuh sukacita  kehadiran Gubernur. Pemerintah dan masyarakat Toraja Utara juga berterima kasih kepada Gubernur yang memberikan perhatian besar kepada kabupaten termuda di Sulsel tersebut.

Baca Juga  Lagi, Bupati Toraja Utara Rotasi Kabinetnya, Semoga Lebih Baik

Kalatiku menjelaskan perekonomian Toraja Utara dapat lebih terbuka dan maju dengan adanya pelebaran jalan demi memudahkan akses dan kesejahteraan masyarakat. Sehingga di kawasan utara akan dapat dilalui dengan mudah untuk mengembangkan pariwisata Toraja yang diyakini akan berkembang pesat kedepan, disamping pertanian dan holtikultura.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur yang telah memberikan perhatian penuh kepada Toraja Utara. Tahun ini berlangsung pengerjaan empat jalan ruas provinsi dan tahun depan sudah selesai sesuai kebijakakan Bapak Gubernur. Totala anggaran infrastuktur yang diterima Toraja Utara dari Provinsi tahun ini sebesar 128 miliar,” ungkap Kalatiku.

Dikatakan pula bahwa ada 17 unggulan wisata di Toraja Utara yang perlu dinikmati wisatawan dan kedepan akan dikembangkan ratusan objek wisata sehingga komoditas ekspor akan mudah dilalui ke tanah Luwu Raya dan kegiatan sosial kemasyarakatan akan berkembang.

Baca Juga  Tidak Efektif, Pemerintah Tana Toraja Diminta Cabut Kebijakan Lima Hari Kerja

Dalam kunjungan ini, Gubernur didampingi Kadis PU dan Tata Ruang Provinsi Sulsel, Prof Rudi Djamaludin dan jajarannya. (*)

Penulis: Desianti
Foto: Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah didampingi Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan meninjau proyek jalan di ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Toraja Utara dengan Kabupaten Luwu melalui Bastem.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *