Toraja Utara Sudah Rapid Test Gratis kepada Ratusan Warga dari Berbagai Elemen

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sudah melakukan rapid test gratis kepada ratusan warga dari berbagai elemen.

Rapid test gratis ini dilakukan pemerintah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 secara acak terhadap elemen-elemen masyarakat yang dinilai rentan terpapar Covid-19.

Bacaan Lainnya

Selain itu, juga sebagai upaya persiapan penerapan New Normal (kenormalan baru) di tengah pandemic Covid-19. Kabupaten Toraja Utara merupakan satu-satunya daerah di Sulsel yang diperkenankan menerapkan new normal karena jumlah warga yang terpapar Covid-19 sangat sedikit atau baru satu kasus positif Covid-19.

Baca Juga  Toraja Utara: Jokowi-Ma'ruf 89,43%, Prabowo-Sandi 10,57%

New Normal adalah kenormalan baru, dimana masyarakat bisa menjalankan aktivitas seperti biasa namun wajib menaati protokol kesehatan, seperti selalu memakai masker, tidak melakukan kontak fisik (jabat tangan, berpelukan, dll), menjaga jarak fisik (physical distancing) minimal 1-2 meter, serta rajin mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir.

“Sudah hampir seribu warga yang sudah mengikuti rapid test gratis dari pemerintah,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Toraja Utara, Anugerah Yaya Rundupadang, kepada karebatoraja.com, Rabu, 3 Juni 2020 petang.

Adapun elemen masyarakat yang menjalani rapid test secara gratis dari pemerintah Kabupaten Toraja Utara, diantaranya Polres Toraja Utara 150 orang, pekerja sektor pariwisata 100 orang, BPS Gereja Toraja dan RS Elim 200 orang, Paskibraka 80 orang. Juga organisasi kepemudaan seperti KNPI dan Pemuda Pancasila, serta beberapa organisasi kekaryaan lainnya.

Baca Juga  Halo Matahari di Langit Toraja, Fenomena Apakah Itu?

“Selain itu, kita juga melakukan rapid test terhadap pedagang di Pasar Bolu dan pasar Pagi Rantepao. Serta para sopir angkutan umum antar kabupaten, seperti ke Makassar, Kendari, Morowali, dan beberapa jurusan lainnya. Ada juga warga yang mau naik pesawat,” urai Yaya.

Selain itu, tenaga kesehatan, ASN, dan anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Toraja Utara, juga sudah menjalani rapid test. “Hasil rapid test dari berbagai elemen ini, kalau reaktif kita lanjutkan dengan tes Swab, kalau non reaktif, tidak,” kata Yaya.

Rapid test kit yang digunakan untuk tes gratis kepada warga ini, kata Yaya, berasal dari pengadaan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sumbangan dari pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dan sumbangan dari beberapa pihak swasta.

Baca Juga  Kapolres: Pesan Berantai Soal Pengejaran Terduga Teroris di Rantepao adalah HOAX

“Kami menyampaikan terima kasih kepada pihak swasta yang sudah mendonasikan alat rapid test kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Toraja Utara,” pungkas Yaya. (*)

Penulis: Arthur
Foto: dok. istimewah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *