Toraja Utara Kini Miliki Mobil Dapur Umum

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Jika ada bencana alam yang membutuhkan dapur umum mobile, masyarakat Toraja kini tidak kesulitan lagi. Saat ini telah tersedia mobil dapur umum, yang dikelola oleh Yayasan Kasih Peduli Indonesia Rantepao.

Mobil dapur umum berkapasitas 200 paket ini merupakan bantuan Palang Merah Singapura (Red Cross Singapore), kepada Pendeta Yosmart Tolede atas nama Yayasan Kasih Peduli Indonesia Rantepao.

Bacaan Lainnya

Mobil dapur umum ini dikirim langsung dari Singapura dan tiba serta diterima di Rantepao, Toraja Utara, pada Rabu, 22 September 2020.

Baca Juga  BERITA FOTO: Update Situasi Sereale Pagi Ini

“Puji Tuhan, mobil dapur umum hibah dari Singapura melalui Red Cross Singapore dan diproses melalui saudaraku Karun Anithi dan Deky Junaedi akhirnya tiba dengan selamat di Toraja. Selanjutnya siap digunakan untuk pelayanan,” ungkap Pdt Yosmart Tolede.

Dia menyebut, pelayanan yang tulus dan ikhlas bagi sesama berbuah manis dan Tuhan tau menghargainya.

Kepada karebatoraja.com, Pdt Yosmart, yang juga relawan Tagana Toraja Utara ini mengatakan mobil dapur umum ini memiliki kapasitas 2 ratus paket makanan. Namun jika kebutuhan lebih daripada itu di lokasi bencana, mobil ini dilengkapi dengan peralatan mobile kitchen, yang bisa dibawa kemana-mana.

“Kemudian, mobil ini juga dilengkapi dengan gallon air berkapasitas 1000 liter dan genset (pembangkit listrik mini) berkapasitas 7500 watt,” kata Pdt Yosmart.

Baca Juga  Tanah Longsor Dominasi Bencana Alam di Tana Toraja tahun 2018

Pembangkit listrik mini yang ada di mobil, selain digunakan untuk memasak makanan, juga bisa digunakan untuk penerangan di sekitar mobil dapur umum dan warga dalam radius tertentu yang membutuhkan penerangan sesuai kapasitas.

Pdt Yosmart menyebut mobil dapur umum ini bisa digunakan oleh pemerintah maupun swasta untuk menangani atau menjadi kendaraan logistik di lokasi bencana.

“Kalau tidak ada bencana untuk kegiatan sosial yang lain,” katanya. (*)

Penulis: Arthur
Foto: Mobil dapur umum yang merupakan hibah dari Palang Merah Singapura kepada Yayasan Yayasan Kasih Peduli Indonesia Rantepao.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *