Tinjau Longsor Puncak Palopo, Menteri PUPR Sebut Pembangunan Jalan Bua-Toraja Utara Akan Dipercepat

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, PALOPO — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono, meninjau lokasi longsor di jalan poros Palopo-Toraja, Kilometer 24, Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Minggu 28 Juni 2020.

Usai meninjau kondisi longsor dan situasi lingkungan di sekitarnya, Menteri PUPR menyatakan bahwa jalan yang terputus karena bencana longsor yang menghubungkan ke Toraja untuk sementara akan dibangun jembatan gantung sepanjang kurang lebih 120 meter agar dapat dilewati kendaraan.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Longsor Warung Tengah Puncak; Rusak Jalan dan Timbun Sembilan Rumah

“Untuk pekerjaannya dari sisi teknis tidak terlalu rumit, mencari jalan alternatifnya yang susah dan untuk pembangunan permanenya membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan. Pekerjaan akan dimulai besok untuk sementara akan di bangun jembatan gantung yang dapat diakses oleh masyarakat,” ungkap Basuki.

Selain pembuatan jembatan gantung, Basuki juga mengatakan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan mempercepat pembangunan jalan poros Bua-Bastem-Toraja Utara.

“Jalur ini segera kita selesaikan. Nantinya dapat digunakan bagi siapa saja yang ingin ke Toraja atau sebaliknya. Semoga tidak ada kendala,” katanya.

Sebelumnya, dalam perbincangan dengan karebatoraja.com, Jumat, 26 Juni 2020 malam, Ketua Komisi D DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, John Rende Mangontan menyatakan bahwa untuk mempercepat pembangunan jalan poros Bua-Bastem-Toraja Utara, pemerintah Provinsi Sulsel sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 66 miliar dan Kementerian PUPR sebesar Rp 30 miliar tahun ini. (*)

Baca Juga  Dampingi Wagub Tinjau Longsor, Rinto: Pembangunan Jalan Provinsi dari Luwu ke Toraja Utara Dipercepat

Penulis: Desianti
Foto: dok. istimewah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *