Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, Kodim 1414 Teken MoU dengan Bupati Toraja Utara

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Untuk meningkatkan pemahaman dan membumikan wawasan kebangsaan dan bela negara, Komando Daerah Militer (Kodim) 1414 Tana Toraja meneken memorandum of understandi (MoU) dengan Bupati Toraja Utara.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan Komandan Kodim 1414 Tana Toraja, Letkol Cpn. Jimmy Sirait dengan Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan di Ruang Pola kantor bupati Toraja Utara, Kamis, 22 Juni kemarin.

Bacaan Lainnya

Penandatanganan MoU dihadiri sejumlah stakeholder terkait, diantaranya Kepala Dinas Dinas Pendidikan Toraja Utara, Daniel Tarukallo Rantetasak dan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Toraja Utara, Alexander Tappang.

Baca Juga  Sembuh, Penderita Kanker Tulang Ini Berterima Kasih kepada BPS Kesehatan

Kepada wartawan usai penandatangan MoU, Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Cpn. Jimmy Sirait, menjelaskan bahwa program wawasan kebangsaan dan bela negara ini perlu melibatkan elemen pemerintah daerah dan pendidikan sehingga pesan yang ingin disampaikan dalam program ini tepat sasaran.

“Program bela negara dan wawasan kebangsaan ini akan berlangsung mulai dari tanggal 1 Juni hingga 31 Desember 2017. Pelaksanaannya akan melibatkan semua stakeholder terkait,” ungkap Jimmy.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengatakan wawasan kebangsaan adalah tekad dimana NKRI, kebhinekaan dan kesatuan serta persatuan merupakan prinsip kebangsaan yang sudah bersifat final di Indonesia.

“Bangsa kita kini tengah digoyang oleh oknum-oknum yang ingin menciptakan intoleransi dan hendak menggantikan prinsip-prinsip dasar bernegara kita. Kewajiban kita semua untuk melawan dan menjaga keutuhan NKRI, kebhinekaan, dan Pancasila serta UUD 45,” tandas Kalatiku.

Baca Juga  Ini Daftar Caleg DPRD Toraja Utara Terpilih Hasil Pemilu 2019

Penguatan wawasan kebangsaan dan bela negara ini akan dilaksanakan di sekolah-sekolah, organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan, tempat ibadah, kampus, dan beberapa lokasi strategis lainnya. (Herson Pasuang/foto: Dok Kodim 1414)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *