Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Edukasi Masyarakat Lewat Pagelaran Seni Budaya

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Komis Pemilihan Umum (KPU) sebagai salah satu lembaga penyelenggara pemilihan umum terus berupaya untuk meningkatkan partisipasi pamilih agar pemilu benar-benar berdaulat dan berjalan sukses dan berintegritas.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, KPU Kabupaten Tana Toraja terus mengeduksi masyarakat, salah satunya lewat pagelaran Seni Budaya Toraja yang digelar di Kompleks Pasar Seni Makale, Sabtu, 21 April 2018.

Bacaan Lainnya

Kegiatan itu  mengusung tema “Melalui Seni Budaya Toraja Kita Membangun Pemilih Berdaulat untuk Mensukseskan Pemilu Serentak 2019.

Baca Juga  Puluhan Pekerja Jalan Trans Papua Diduga Dibunuh KKSB, Beberapa Diantaranya Bermarga Toraja

Ketua KPU Kabupaten Tana Toraja yang diwakili Komisioner KPU Divisi Hukum, Yulius Pala’biran dalam sambutannya mengatakan pagelaran ini menjadi momentum mengedukasi masyarakat tentang kedaulatan pemilih dalam artian pilihan itu bukan dengan paksaan atau iming-iming tertentu.

“Kegiatan ini bertujuan menghimbau, mengajak, dan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pilkada Gubernur Sulsel 27 Juni 2018 dan Pileg Pilpres serentak 17 April 2019 mendatang,” ungkap Yulius.

Yulius mengatakan ini adalah momentum untuk menentukan pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas sehingga diharapkan partisipasi pemilih benar-benar dapat ditingkatkan.

Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara yang hadir membuka kegiatan mengatakan Pagelaran Seni Budaya Toraja ini memberi makna perekat hubungan sesuai dengan falsafah Tongkonan, meskipun kita dalam perbedaan pilihan politik.

Baca Juga  Kemenag Tana Toraja Rayakan Natal, Ini Harapan H. Muhammad

“Perlu kita saling menghargai dalam perbedaan dan tetap menjaga silaturrahmi serta menjaga situasi tetap kondusif, penyelenggara pemilu tidak akan mampu jika hanya dibebankan kepada mereka, sehingga penyelenggaraan pemilu menjadi tanggungjawab kita bersama,” ujar Victor.

Pagelaran seni menampilkan berbagai karya seni Toraja, seperti Ma’pelle’, ma’dondo, Manimbong, Ma’bugi’, Suling te’dek, gesok-gesok, musik bambu, dan pa’gellu’ dari berbagai penggiat seni budaya Toraja.

Kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka menyongsong satu tahun pemilihan langsung di Indonesia. Kegiatan Pagelaran seni juga diisi dengan sosialisasi KPU, yang berisi himbauan kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih agar mendaftarkan diri sebagai pemilih agar bisa menyalurkan hak pilihnya. (Arsyad Parende)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *