Tiga Bupati Bertemu Gubernur di Tana Toraja, Bahas Jalan Antar Kabupaten dan Provinsi

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Tiga bupati, masing-masing bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, dan bupati Enrekang, Muslimin Bando, bertemu Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Pertemuan tiga bupati plus Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara ini berlangsung di ruang kerja gubernur, Lantai II Kantor Bupati Tana Toraja, Kamis, 21 November 2019.

Bacaan Lainnya

Pada pertemuan ini, Gubernur dan tiga bupati membahas berbagai hal menyangkut pembangunan di tiga kabupaten bertetangga tersebut. Salah satu fokus utama adalah akses penghubung antar kabupaten, juga akses ke daerah terpencil. Dibahas pula jalan lingkar pariwisata Toraja.

Baca Juga  Pemerintah dan Lembaga Adat Tolak Rencana Pengukuhan “Raja Tana Toraja”

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, mengatakan Tana Toraja mengusulkan beberapa ruas jalan provinsi, yang menghubungkan kabupaten Tana Toraja dengan Toraja Utara maupun dengan kabupaten Enrekang.

Juga akses jalan penghubung antara kabupaten Tana Toraja dengan Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. Selain itu, juga jalan penghubung antara kabupaten Tana Toraja dengan kabupaten Pinrang.

“Kita bahas akses ke daerah-daerah terpencil, diantaranya ruas jalan Simbuang-Mappak-Sangpeparikan (perbatasan Pinrang). Dan ruas Mialo hingga ke perbatasan Mamasa, Sulawesi Barat,” tutur Nicodemus.

Selain itu, pemerintah kabupaten Tana Toraja juga mengusulkan ruas jalan pariwisata dari Ollon-Buakayu, hingga ke Baroko (perbatasan dengan kabupaten Enrekang). Kemudian ruas pariwisata Bittuang-Masanda-Ratte/Tabang (perbatasan kabupaten Mamasa/Sulbar).

Baca Juga  BERITA FOTO: Spektakuler Toraja Night Run 2016

“Bapak Gubernur juga membahas mengenai kesiapan dana DID, dana pendamping sebesar 10 persen dari kabupaten, dan waktu lelang (tender) pekerjaan dipercepat agar pelaksanaan pekerjaan di lapangan tidak mengalami kendala,” urai Nicodemus.

Usai bertemu dengan tiga bupati di Makale, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menuju ke Toraja Utara. Dijadwalkan pada Kamis malam, gubernur bersama bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan akan menandatangani MoU tentang air bersih. (*)

Penulis/foto: Arsyad Parende

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *