Terima Rekomendasi Model B1-KWK dari Nasdem, Rinto – Pasodung Hampir Pasti Jadi Peserta Pilkada Toraja Utara 2020

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, JAKARTA — Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem nampaknya tak ingin berlama-lama menunggu tahapan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Toraja Utara 2020 untuk menyerahkan rekomendasi dalam bentuk B1-KWK kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati Toraja Utara yang diusungnya.

Formulir Model B1-KWK Partai Politik adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh pasangan calon dan partai politik pengusungnya ketika mendaftar di Komisi Pemilihan Umum. Formulir itu berisi SK rekomendasi pencalonan dari Parpol yang ditanda tangani oleh Ketua Umum dan Sekjen Parpol.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Lagi, Wabup Toraja Utara Mencak-mencak Soal Proyek Tak Beres

Dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 18 Tahun 2019, atas perubahan kedua PKPU nomor 03 Tahun 2017 pada Pasal 43 Huruf a, tentang keputusan pimpinan partai politik tingkat pusat atas persetujuan bakal pasangan calon menggunakan formulir model B.1 KWK parpol.

SK DPP Nasdem model B1-KWK yang mengusung pasangan Yosia Rinto Kadang – Yonathan Pasodung sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara diserahkan pada Selasa, 4 Agustus 2020 malam. Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu DPP Nasdem, Willy Aditya menyerahkan SK itu kepada Yosia Rinto Kadang dan Yonathan Pasondung di kantor DPP Nasdem, Jakarta.

SK Rekomendasi Model B1-KWK berpasangan yang ditandatangani langsung Ketua Umum DPP Nasdem Surya Paloh dan Sekretaris Jenderal DPP, Johnny G Plate.

Dalam penyerahan keputusan itu, Rinto dan Pasodung (RINDU), kompak hadir menerima langsung. Mereka didampingi sejumlah pengurus DPP Nasdem, serta disaksikan Sekertaris DPW Nasdem SulSel, Syahruddin Arif.

Baca Juga  Warga Buntu Pepasan Tagih Janji Bupati Toraja Utara Soal Kompensasi Air

“Puji Tuhan kami sudah menerima secara resmi B1-KWK Nasdem. Tentu ini adalah amanah dan kepercayaan kepada kami untuk maju di Pilkada Toraja Utara,” kata Yosia Rinto Kadang yang tak lain adalah Ketua DPD Nasdem Toraja Utara dan Wakil Bupati Toraja Utara.

Dengan diterimanya SK Rekomendasi Model B1-KWK ini maka Rinto-Pasondung merupakan pasangan calon bupati dan wakil bupati Toraja Utara pertama yang hampir pasti menjadi peserta Pilkada Toraja Utara 2020. Sebab, Formulir Model B1-KWK inilah yang akan dibawa oleh pengurus partai tingkat kabupaten ke KPU Toraja Utara saat mendaftar. Di sisi lain, Yosia Rinto Kadang adalah Ketua DPD Partai Nasdem Toraja Utara. Artinya, pasangan ini tidak ada masalah administrasi lagi.

Baca Juga  PDIP Toraja Utara Beri Signal ke Kalatiku Paembonan

Nasdem memilih menjatuhkan pilihan ke Rinto – Pasodung, karena duet ini unggul di sejumlah lembaga survei profesional. Apalagi, pasangan ini diyakini bisa terus melanjutkan pembangunan dan kemajuan Toraja Utara.

Diketahui, Partai Nasdem memiliki ebam kursi di DPRD Toraja Utara. Dari persyaratan di KPU, partai ini memenuhi syarat mengajukan pasangan meski tanpa berkoalisi. Mengingat, syarat mengajukan pasangan, minimal enam kursi.

Meski demikian, Nasdem tetap membuka diri untuk berkoalisi mengusung Rinto – Pasodung. Rinto – Pasodung merupakan pasangan yang saling melengkapi. Disamping kapasitas dan pengalaman yang dimiliki keduanya, juga faktor geopolitik yang tak beririsan. (*)

Penulis: Papa Rey
Foto: Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu DPP Partai Nasdem, Willy Aditya menyerahkan SK Model B1-KWK kepada Yosia Rinto Kadang dan Yonathan Pasondung di kantor DPP Nasdem, Jakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *