Siswa SMK di Makale Rayakan Kelulusan dengan Memungut Sampah

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Jika biasanya hari kelulusan dirayakan dengan pawai kendaraan bermotor, tidaklah demikian dengan ratusan siswa dari dua sekolah di Makale, Tana Toraja, yakni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kristen Pelangi Makale dan SMK Pembangunan Makale (STM Burake).

Mereka merayakan hari kelulusan dengan cara yang berbeda, memungut sampah.

Bacaan Lainnya

Bermodalkan karung, ratusan siswa SMK Kristen Pelangi dan STM Burake keliling seputar kota Makale memungut sampah yang dijumpainya di jalan.

Baca Juga  Jadi Caleg, Albertien Tinggalkan Jabatan Bagus di Kantor Staf Presiden

Ide untuk menggelar aksi pungut sampah ini lahir dari Ketua Sapma Pemuda Pancasila Tana Toraja,Pradian Londong Allo, yang sekretariatnya berdampingan dengan SMK Kristen Pelangi Makale.

Pradian Londong Allo mengaku anak-anak ini awalnya mau pawai motor tapi dicegah untuk tidak melakukan pawai dan diarahkan untuk menggelar aksi sosial.

“Daripada mereka pawai naik motor, spontan saya belikan karung dan saya arahkan ke sekitar pusat kota Makale untuk membersihkan sampah,” ungkap Iin, panggilam akrab Pradian Londong Allo, Senin, 13 Mei 2019.

Atas arahan ini, para siswa yang kondisi bajunya sudah dicoret-coret melakukan aksi jalan kaki dan memungut sampah di pinggir jalan yang mereka jumpai. Hasilnya, beberapa karung sampah berhasil mereka kumpulkan.

Baca Juga  VIDEO: Detik-detik Kebakaran Hanguskan 2 Tongkonan, 6 Lumbung, dan 2 Rumah di Nanggala

Iin berharap kepada semua siswa SMA atau SMK di Toraja yang akan merayakan penamatan tahun ini bisa melakukan aktivitas yang bernilai positif bagi diri mereka sendiri, orang tua, maupun masyarakat. (*)

Penulis/foto: Arsyad Parende

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar