Sensasi Wisata Kebun Durian Basokan

  • Whatsapp

KAREBATORAJA,COM, BASOKAN –Tak hanya wisata ke Kuburan batu dan Lolai Negeri di atas awan,  di Toraja Utara kini menawarkan satu lagi tempat wisata yang tak kalah menariknya dan layak untuk dikunjungi bagi pencinta wisata alam dan penikmat buah-buahan.

Wisata Kebun Durian salah satunya yang berlokasi di Dusun To’ Letok Lembang Basokan Kecamatan Nanggala, jaraknyapun tak jauh dari pusat kota Rantepao hanya sekitar 15 Km dengan jarak tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Ini Detail Rangkaian Event Kemilau Toraja 2018
Kebun Durian Basokan Nanggala

Berada di hamparan perbukitan dengan pemandangan yang indah dan latar belakang persawahan menambha kesejukan tempat yang belum begitu terjamah karena masih terlihat keaslian alamnya.

Memasuki Area Perkebunan Agrowisata kebun durian ini kita akan menjumpai deretan pohon durian dengan buah durian yang bergantungan pada saat musimnya.

Di tempat ini kita bisa menikmati buah Durian jenis unggul dengan memetiknya sendiri, dan rasa dari durian di tempat ini sangat enak memberi sensasi tersendiri ketika menikmatinya.

Menikmati buah durian langsung di kebunnya

Pengelola Agrowisata kebun durian Yohanis Tiangka kepada Kareba Toraja saat mengunjungi Objek wisata kebunnya menceritakan bahwa kebun miliknya ini sebenarnya sudah mulai digarap sekitar 15 tahun yang lalu, namun karena keterbatasan anggaran dan pengetahuan pengelolalannya selama ini sehingga tempat ini tak begitu banyak diketahui orang.

Baca Juga  Kopi Jantan Toraja dari Gandangbatu Sillanan

Menurut Yohanis jumlah pohon durian di kebunnya ini sekitar 300 pohon yang sudah menghasilkan buah dengan beberapa jenis varian unggulan seperti  Montong, Musangking, Bawor, Bangkok.

Memetik buah durian langsung dari pohonnya

“Sekarang baru sekitar 300 pohon yang sudah berbuah pakm dengan lokasi sekitar 2’6 ha. Keseluruhan lokasi saya disini sekitar 7 Ha yang rencananya juga akan ditanami beberapa jenis buah-buahan selain durian” Tutur Yohanis.

“Rasa durian disini enak dan legit pakn kalian bisa cicipi, setiap pengunjung kesini saat musimnya bisa mencicipi Varian durian ini dan gratis pak kecuali buat oleh-oleh, biasnya musim panen terjadi 2 kali setahun yang pertama dari Bulan April sd Juli dan ke 2 bulan Nopember sd Januari. Puncak panennya pada bulan Juni dan Nopember” katanya.

Baca Juga  Penentuan Dapil Pileg, KPU Tana Toraja Minta Masukan Masyarakat

Lanjut menurut Yohanis buah durian disini beratnya mencapai 12 Kg perbiji, namun ada juga yang kurang tapi yang umum biasanya 8 sd 9 kg. Harapan Yohanis ke depan tempatnya ini akan dikelola dengan baik untuk menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan, oleh karena itu Yohanis masih mengharapkan masukan-masukan dari pengunjung dan khususnya pemerintah dalam mengelola kebunnya.

Ayo tunggu apalagi rugi lo kalau gak kesini bisa berwista alam sambil menikmati Lesatnya buah durian yang merupakan satu-satunya di Toraja

Penulis/foto : Herson Pasuang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *