Satu TPS di Tana Toraja Juga Akan Laksanakan Pemungutan Suara Ulang

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Selain di Toraja Utara, satu tempat pemungutan suara (TPS) di kabupaten Tana Toraja juga akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU), yang rencananya bakal digelar pada Sabtu, 27 April 2019.

TPS yang harus menggelar pemungutan suara ulang itu, yakni TPS 03 yang berada di Lembang Gasing, Kecamatan Mengkendek. TPS ini harus menggelar pemungutan suara ulang karena petugas KPPS kedapatan melakukan pelanggaran pada saat pemungutan suara pemilu dan Pilpres, 17 April 2019 yang lalu.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Hasil LPMP Tahun 2018: Mutu Pendidikan Tana Toraja Naik dari 23 ke Urutan Pertama di Sulsel

“Berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu maka kita akan melakukan PSU di TPS 03 Lembang Gasing, Kecamatan Mengkendek. Rencananya Sabtu ini, tapi kita masih menunggu kepastian ketersediaan surat suara dari KPU Sulsel,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja, Rizal Randa, Kamis, 25 April 2019.

Rizal menjelaskan, pelanggaran yang dilakukan petugas KPPS 03 Lembang Gasing adalah memberikan lima jenis surat suara kepada lima warga negara Indonesia yang terdaftar dalam DPTB. “Padahal mereka seharusnya hanya mendapat satu jenis surat suara, yakni Presiden dan Wakil Presiden,” kata Rizal.

Berikutnya, ada tiga (3) warga negara Indonesia yang tidak terdaftar pada DPT maupun DPTB tapi masuk dalam DPK. Ketiga orang ini harusnya hanya diberikan lima jenis surat suara tapi hanya diberikan satu surat suara (Presiden-Wakil Presiden).

Baca Juga  PT Malea Energy Jamin Pembangunan Jaringan SUTT Tidak Ganggu Kesehatan Masyarakat

Perbuatan itu kemudian dilaporkan oleh pengawas TPS ke PPL lalu dilanjutkan ke Panwaslu Kecamatan Mengkendek. Berdasarkan temuan itu, Panwaslu Kecamatan Mengkendek bersama Bawaslu Kabupaten Tana Toraja mengkajinya dan merekomendasikan kepada PPK Kecamatan Mengkendek untuk melakukan pemungutan suara ulang di TPS 03 Lembang Gasing.

Pemungutan suara ulang, kata Rizal, hanya akan dilakukan di TPS 03 Lembang Gasing, Kecamatan Mengkendek. Para pemilih akan kembali diberikan lima jenis surat suara untuk dicoblos seperti yang dilakukan pada tanggal 17 April yang lalu.

“Tidak ada tempat lain lagi, hanya di TPS 03 Lembang Gasing. Hari Sabtu ini akan kita gelar PSU di sana,” katanya.

Rizal menegaskan PSU ini tidak akan mengganggu proses rekapitulasi suara di tingkat PPK Kecamatan Mengkendek. Jumlah DPT yang ada di TPS ini sebanyak 205 orang (*)
Penulis/foto: Arthur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *