Sangtorayan di Makassar Bentuk Satgas Peduli Bencana Covid-19

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKASSAR — Bencana non alam Covid-19 (Corona Virus) semakin meluas ke seluruh penjuru Indonesia. Bencana ini adalah sebagai bencana non alam yang membuat negara kita semakin waspada mengalami masa-masa sulit, sehingga dibutuhkan kesedaran semua pihak untuk mengikuti dan melaksakan anjuran pemerintah pusat dan daerah berdasarkan petunjuk dari Gugus Tugas Nasianal Covid-19.

Berangkat dari keperihatinan tersebut, masyarakat Toraja yang berdomisili di Makassar dan sekitarnya membentuk Satgas Peduli Bencana Covid-19. Satgas Sangtorayaan telah membuat program-program edukasi dan program aksekusi secara langsung di lapangan

Bacaan Lainnya

Program edukasi tersebut berupa himbauan melalui group-group WA serta media sosial lainnya. “Edukasi yang kita lakukan berpedoman pada SOP Kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Gugus Tugas Covid-19 secara nasional,” tutur Ketua Tim Satgas Covid-19 Sangtorayan Makassar, Novianus Patanduk, Selasa, 7 April 2020.

Baca Juga  JRM Serahkan Bantuan APD dari Golkar Sulsel Untuk Satgas Covid-19 Tana Toraja

Dia mengatakan dalam eksekusi lapangan Satgas Sangtorayaan Divisi Penyemprotan telah melakukan penyemprotan disenfektan ke rumah-rumah ibada, lorong-lorang warga dan rumah-rumah pribadi sesuai permintaan. Divisi Penyemprotan ini, kata Novianus, sudah enam hari di lapangan melakukan penyemprotan.

“Ini adalah bentuk tanggung jawab kami sebagai bagian dari masyarakat Makassar pada khususnya dan bagian dari masyarakat Sulsel pada umumnya,” tegas Novianus.

Sementara Sekretaris Satgas Jhody Pama’tan, menambahkan kegiatan lain yang sudah dilakukan oleh Satgas Sangtorayan adalah pembagian hand sanitizer secara gratis kepada warga mengingat hand sanitizer sudah sangat langka dijual dan harganya sangat mahal.

Jhody menguraikan, dalam kegiatan penyemprotan disenfektan, Satgas Sangtorayaan telah menurunkan dua regu tiap hari, mulai pagi sampai malam. Anggota Satgas Divisi Penyemprotan dikoordinir oleh Bro Jhon Rerungan, yang akrab disapa Mayor.

Baca Juga  JRM Serahkan Bantuan APD dari Golkar Sulsel Untuk Satgas Covid-19 Tana Toraja

“Jika ada warga yang ingin rumahnya atau lorong-lorongnya disemprot, silakan menghubungi Bro Jhon Rerungan alias Mayor,” tutur Jhody.

Jhody juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Makassar agar tetap di rumah, kurangi aktifitas di luar rumah kecuali kebutuhan yang sangat mendesak, selalu cuci tangan dengan air yang mengalir dengan sabun.

“Dan mari kita tetap berdoa kepada Tuhan agar bencana Covid-19 ini segera berlalu dari muka bumi Indonesia. Dan mari kita tetap mengikuti himbauan pemerintah pusat dan daerah serta petunjuk dari Gugus Tugas Covid-19,” pungkas Jhody. (*)

Penulis: Desianti
Foto: dok. Satgas Covid-19 Sang Torayan Makassar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *