Rumah Penerima Bantuan Sosial di Toraja Utara Dipasangi Stiker “Keluarga Tidak Mampu”

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, TAGARI — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara merealisasikan rencana pemasangan stiker pada rumah-rumah warga penerima bantuan sosial di wilayahnya. Lauching pemasangan stiker bertuliskan “Keluarga Tidak Mampu Penerima Bantuan Sosial” ini dilaksanakan di Tagari, Kecamatan Tallunglipu, Rabu, 12 Februari 2020.

Penerima bantuan sosial diantaranya, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang sekarang berubah menjadi bantuan sembako, Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Bacaan Lainnya

Baca Juga  BPJS Kesehatan Makale dan Jasa Raharja Sosialisasikan Penjaminan Lakalantas

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan beserta Wakil Bupati, yang juga Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah, Yosia Rinto Kadang, menempelkan stiker secara simbolik di rumah dua warga penerima bantuan sosial di Kelurahan Tagari Tallunglipu.

Kepala Dinas Sosial Toraja Utara, Mira Bangalino, yang juga Ketua Pokja Program Bantuan Sosial Terpadu Berbasis TKPKD, mengatakan pelaksanaan pemasangan stiker pada rumah keluarga penerima manfaat bantuan sosial di kabupaten Toraja Utara tahun 2019-2020 berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial RI Nomor 1000/IJS/HM01/6/2019 tanggal  18 Juni 2019 dan hasil rapat koordinasi TKPKD yang dilaksanakan Sekretariat TKPKD pada bulan Juli 2019 yang lalu.

Maksud dan tujuan pemasangan stiker ini, kata Mira, sebagai tanda bahwa keluarga tersebut adalah penerima bantuan sosial, juga sebagai kontrol sosial masyarakat umum kepada para penerima bantuan sosial tersebut.

Baca Juga  16 Ribu Lebih Keluarga Miskin di Toraja Utara Belum Tersentuh PKH

“Diharapkan agar bantuan tersebut tepat sasaran, transparan, sekaligus sebagai validasi data dan fakta di lapangan,” tegas Mira.

Dia mengatakan, pemasangan stiker ini akan dilakukan secara bertahap, mengingat dana pengadaan yang terbatas, yaitu anggaran dari DID, dana sharing pendampingan program nasional bantuan sosial yang masuk di Toraja Utara.

Dia juga menyebut, ada 6.086 lembar stiker yang akan dipasang di rumah penerima bantuan sosial pada 8 kecamatan di Toraja Utara. Kedelapan kecamatan itu, masing-masing Tallunglipu, Rantepao, Sa’dan, Kesu’, Sopai, Buntu Pepasan, Tondon, dan Tikala.

Sementara Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengatakan pemasangan stiker pada rumah penerima bantuan sosial ini akan dilakukan di seluruh Indonesia dan Toraja Utara menjadi salah satu daerah pionir program tersebut.

Baca Juga  Nasib Kakek Tua Asal Tikala, Toraja Utara: Sudah Hidup Sebatang Kara, Terbakar Pula Rumahnya

Dia berharap, dengan pemasangan stiker ini program bantuan sosial bisa lebih tepat sasaran, transparan, dan bisa diawasi langsung oleh masyarakat.

“Sehingga kita berharap dengan stiker ini bantuan sosial bisa tepat sasaran. Kemudian, para penerima bantuan sosial ini lebih mandiri ke depan,” katanya sambil mengklaim bahwa angka kemiskinan di Toraja Utara semakin menurun seiring pertumbuhan ekonomi yang tinggi di angka 8,2 persen. (*)

Penulis: Desianti
Foto: dok. Diskominfo Toraja Utara

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *