RSUD Lakipadada Sudah Bisa Lakukan Tes Swab untuk Deteksi Covid-19

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Selama ini metode untuk mendekteksi Covid-19 hanya dengan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) dan harus dilakukan di Makassar. Kini RSUD Lakipadada Tana Toraja sudah bisa melakukan tes Swab untuk mendekteksi Covid-19 dengan menggunakan Metode Tes Cepat Molekuler (TCM).

Metode TCM adalah salah satu metode untuk mendekteksi Covid-19 yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Di Sulawesi Selatan hanya 5 rumah sakit yang direkomendasikan oleh Kemenkes untuk menggunakan metode TCM. Kelima rumah sakit itu, yakni RSUD Lakipadada Tana Toraja, RSUD Labuang Baji Makassar, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading Palopo, RSUD Andi Makkasau Pare-Pare, dan RSUD Sinjai.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Sudah Tiga Warga Ajukan Diri Jadi Pengadopsi Bayi yang Ditemukan di Depan RS Lakipadada

Direktur RSUD Lakipadada dr Syafari Mangopo mengatakan saat ini RSUD Lakipadada sudah bisa melakukan tes Swab dengan metode TCM. Proses pemeriksaan Swab dengan Metode TCM ini tidak dipungut biaya dan dilaksanakan berdasarkan koordinasi Satgas Covid-19 Tana Toraja.

Dokter Syafari Mangopo mengatakan dengan metode TCM ini, proses pemeriksaan Swab bisa lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu 40 menit dan dalam sehari bisa dilakukan pemeriksaan maksimal 10 sampel Swab.

Dia menyebut awalnya metode TCM digunakan untuk mendekteksi virus TBC dan ternyata alat tersebut juga bisa digukan untuk mendekteksi virus Covid-19 dengan menggunakan cartridge yang sesuai.

“Dengan dimungkinkannya pemeriksaan Swab dengan metode TCM, Satgas Covid-19 Tana Toraja menfasilitasi berfungsinya alat ini dengan menyiapkan ruang dan wadah pengolahan virus sampel yang aman,” terang dr Syafari.

Baca Juga  Beredar Video Wabup Tana Toraja Berjemur di Luar Ruang Isolasi, Ini Penjelasan Direktur RSUD Lakipadada

RSUD Lakipadada, kata dr Syafari, bahkan siap menerima rujukan pemeriksaan spesimen Swab dari Kabupaten /Kota tetangga jika diperlukan. (*)

Penulis/Foto: Arsyad Parende

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *