Resmi Beroperasi, Ini Layanan Kesehatan yang Bisa Anda Peroleh di RS Santa Teresa Marampa’ Rantepao

  • Whatsapp

Kehadiran Rumah Sakit Santa Teresa Marampa’ Rantepao, yang bernaung dibawah Yayasan Sentosa Ibu Keuskupan Agung Makassar ini diharapkan bisa memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat, sesuai dengan semangat pelayanan Bunda Teresa dari Calcuta, nama pelindung yang disandangnya.

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Rumah Sakit Santa Teresa Marampa’ Rantepao resmi beroperasi sejak 18 Juli 2019, setelah sebelumnya diberkati oleh Uskup Agung Makassar, Mgr John Liku-Ada dan dan diresmikan oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, pada 1 Juni 2019.

Direktur RS Santa Teresa Marampa’ Rantepao, dr Maria Oktorina Daia, menjelaskan saat ini, rumah sakit yang dipimpinnya tersebut sudah melayani beberapa jenis layanan kesehatan, seperti rawat inap, rawat jalan, gawat darurat (IGD), poliklinik, laboratorium, THT, dan pelayanan standar rumah sakit tipe D lainnya.

Baca Juga  Praktek Jual-Beli Daging Babi Bangkai di Pasar Makale Ternyata Sudah Berlangsung Lama

Bacaan Lainnya

“Sekarang sudah ada beberapa pasien rawat inap yang kita tangani di sini. Poliklinik dan healing centre untuk THT juga sudah terbuka. Demikian pula dengan instalasi farmasi yang kita buka 24 jam,” terang dr Oktorina.

Saat ini, urai dr Oktorina, RS Santa Teresa Marampa’ telah memiliki beberapa dokter ahli atau spesialis, diantaranya spesialis penyakit dalam, spesialis kandungan, spesialis bedah, spesialis anak, spesialis saraf, dan enam orang dokter umum.

“Kita juga memiliki hearing centre THT dan outlet alat bantu dengar. Jadi, kalau ada warga yang mengalami masalah pendengaran, di sini pelayanan kita lengkap, baik secara medis maupun peralatan bantu dengar,” katanya.

Baca Juga  300 Penderita Katarak di Toraja Dapat Layanan Operasi Gratis dari Perdami

Selain memiliki dokter spesialis, rumah sakit, yang sebelumnya merupakan Klinik Bersalin Marampa’ ini, juga didukung oleh puluhan perawat dan bidan, tenaga laboratorium, apoteker, dan tenaga instalasi farmasi.

“Kalau dibilang lengkap, ya, peralatan dan tenaga kesehatan yang kami miliki cukup lengkap,” terang dr Oktorina.

Sesuai dengan tipe rumah sakit (tipe D), RS Santa Teresa Marampa’ Rantepao saat ini memiliki kamar rawat inap VIP, Kelas 1, Kelas 2, dan Kelas 3. Jumlah tempat tidur yang tersedia saat ini sebanyak 50 buah.

Rumah Sakit yang terletak di Jalan Andi Mappanyukki Rantepao ini, juga memiliki fasilitas istalasi gawat darurat (IGD) yang terbuka 24 jam, ruang ICU, kamar operasi dengan peralatan yang lengkap, ruang perawatan anak, ruang bersalin, ruang perawatan ibu melahirkan, laboratorium, kamar mayat, dan tempat pengolahan sampah sementara.

Baca Juga  “Serangan Fajar” Jadi Trending Topik Netizen Toraja

Dr Oktorina menyebut, saat ini, pihaknya tengah mengupayakan akreditasi rumah sakit, sehingga bisa melayani pasien BPJS. Karena untuk sementara rumah sakit ini belum bisa melayani pasien BPJS.

“Salah satu syarat untuk bisa bekerjasama dengan BPJS Kesehatan adalah akreditasi rumah sakit. Makanya kita sedang mengupayakan agar sesegera mungkin rumah sakit ini diakreditasi, sehingga kita bisa melayani pasien BPJS,” terangnya.

Melayani pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan, kata dr Oktorina, sangat penting, karena sebagian besar masyarakat saat ini mendapat jaminan dari BPJS Kesehatan jika mengalami masalah kesehatan. (*)

Penulis/foto: Arthur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *