Pertama Kalinya, Debat Kandidat Pilkada Tana Toraja Digelar di Luar Makale

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja berencana menggelar debat kandidat Pilkada Tana Toraja sesi pertama di luar Kota Makale, Ibukota Kabupaten Tana Toraja.  Debat sesi dijadwalkan berlangsung pada 30 Oktober 2020 di Bittuang, sebuah kecamatan di bagian barat Kabupaten Tana Toraja.

“Ini baru rencana, kita akan bicarakan lagi dengan kandidat, Bawaslu, maupun dengan aparat kepolisian,” ujar Ketua KPU Kabupaten Tana Toraja, Rizal Randa, Sabtu, 10 Oktober 2020.

Bacaan Lainnya

Rizal menjelaskan, KPU Kabupaten Tana Toraja membuat rencana debat kandidat pada Pilkada Tana Toraja tahun 2020 sebanyak dua kali. “Satu kali di Tana Toraja bagian barat, satu kali lagi kita gelar di Tallu Lembangna,” kata Rizal.

Pertimbangan pemilihan lokasi debat, kata mantan jurnalis ini, semata-mata karena pertimbangan keadilan. Selama beberapa kali hajatan Pilkada, debat kandidat selalu digelar di ibukota kabupaten, yakni Makale.

“Sekali lagi, ini baru rencana. Pastinya akan kami sampaikan setelah pertemuan dengan kandidat, Bawaslu, dan aparat kepolisian,” tegas Rizal.

Selain soal lokasi, Rizal menyebut, berdasarkan aturan PKPU yang baru, peserta yang hadir di debat kandidat sangat dibatasi, karena pertimbangan protokol kesehatan.

“Yang ada dalam ruangan debat hanya kandidat dan pendukung maksimal 4 orang. Kemudian moderator dan panelis, itu saja,” katanya.

Debat kandidat akan disiarkan secara live, baik melalui jaringan televisi lokal maupun media sosial resmi KPU, seperti facebook dan youtube. (*)

Penulis: Arthur
Foto: Debat kandidat Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja pada Pilkada tahun 2015 yang dilaksanakan di Makale.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *