Peringati HUT Sulsel ke-351, Gubernur Kenakan Pakaian Adat Toraja

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKASSAR — Meski di tengah pandemi Covid-19, pemerintah dan DPRD Provinsi Sulsel tetap melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Selatan ke-351 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Puncak perayaan HUT Sulsel ke-351 dilaksanakan di ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Senin, 19 Oktober 2020.

Bacaan Lainnya

Ada pemandangan menarik pada momen puncak HUT Sulawesi Selatan ke-351 ini, dimana semua peserta, baik Gubernur, Ketua dan anggota DPRD, Wakil Gubernur maupun tamu undangan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah yang ada di Sulawesi Selatan. Selain itu, peserta acara yang mengikuti secara daring, juga mengenakan pakaian adat daerah masing-masing.

Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah mengenakan pakaian adat Toraja warna merah, lengkap dengan passapu yang menutupi kepalanya. Wakil Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman mengenakan pakaian adat Makassar. Sedangkan Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari mengenakan baju bodo adat Bugis.

Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah menyebut penggunakan pakaian adat pada momentum HUT Sulsel ke 351 ini sebagai bentuk pelestarian budaya masyarakat Sulawesi Selatan. Biar berbeda-beda namun tetap satu adanya.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini mengatakan, momentum HUT Sulsel ke-351 tahun ini kita ingin mengembalikan kejayaan komoditas unggulan Sulawesi Selatan yang berdaya saing. “Ini sebagai wujud untuk membumikan kembali komoditas unggulan Sulsel, seperti coklat, jeruk keprok Selayar, udang windu, dan komoditas lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, Gubernur mengatakan, pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik juga terus berjalan walaupun di tengah pandemi Covid-19, membuka daerah terpencil dan terisolir seperti di Seko, Bua-Rantepao, dan lain sebagainya. Kemudian pembangunan rumah sakit regional di sejumlah kabupaten/kota, pembangunan untuk mendukung sektor pariwisata juga terus dilakukan, seperti Bandara Buntu Kunik di Tana Toraja, fasilitas di kawasan Tanjung Bira, Kabupaten Kepulauan Selayar dan daerah lainnya, serta pembangunan rest area yang kesemuanya diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan wisata kita.

“Kolaborasi yang terjalin selama ini bersama Forkopimda Sulsel telah membuat pertumbuhan ekonomi Sulsel berada di atas rata-rata secara nasional, semoga ini dapat kita terus pertahankan dan tingkatkan menuju Sulsel Maju,” katanya. (*)

Penulis: Desianti/Rls
Foto: Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah yang mengenakan pakaian adat Toraja berfoto bersama pimpinan dan anggota DPRD usai peringatan Hari Ulang Tahun Sulawesi Selatan ke-351 di ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Sulsel, Senin, 19 Oktober 2020.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *