Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati Tana Toraja, 4-6 September 2020

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Tana Toraja kembali dilanjutkan setelah sempat terhenti akibat pandemic Covid-19.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja, Rizal Randa, mengatakan saat ini pihak tengah melaksanakan tahapan yang tertunda akibat pandemic Covid-19. Salah satu tahapan yang baru selesai dilaksanakan adalah pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di semua Lembang dan Kelurahan di Tana Toraja.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Debat Kandidat Pertama di Bittuang, KPU Tana Toraja Batasi Peserta

“Itu (pelantikan PPS) sudah selesai kemarin. Tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, pelantikan dilakukan dengan metode tatap muka dan virtual,” jelas Rizal Randa, dalam konferensi pers dengan sejumlah awak media di Kantor KPU Kabupaten Tana Toraja, Rabu, 17 Juni 2020.

Rizal menguraikan, berdasarakan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 mengenai perubahan ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pilkada Tahun 2020, jadwal pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dibuka selama tiga hari, 4-6 September 2020.

“Kemudian KPU akan melakukan verifikasi persyaratan bakal pasangan calon, perbaikan dokumen, hingga verifikasi dokumen persyaratan calon sampai tanggal 22 September,” jelas Rizal.

Baca Juga  Tarsis Kodrat Nyatakan Bersedia Maju di Pilkada Tana Toraja 2020

KPU Kabupaten Tana Toraja, kata Rizal, akan mengumumkan dan menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada 23 September 2020. Dilanjutkan dengan pencabutan nomor urut sehari sesudahnya.

“Masa kampanye dimulai tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020,” kata Rizal.

Namun, dia mengingatkan bahwa metode dan cara kampanye Pilkada kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Pengerahan massa tidak diperkenankan. Kampanye tatap muka hanya maksimal dihadiri 20 orang. Itu pun harus dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Sehingga nanti kampanye lebih banyak melalui media massa,” terang Rizal.

Sedangkan pemungutan suara akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. (*)

Penulis/Foto: Arthur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *