Pemkab Tana Toraja Berangkatkan Enam Warga Muslim Toraja Umroh Gratis ke Makkah

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Bulan Desember menjadi bulan yang penuh suka cita Natal bagi umat Nasrani di Toraja. Meski begitu, suka cita juga dirasakan oleh enam orang warga Muslim Toraja yang merupakan golongan kaum dhuafa karena keenamnya bisa mewujudkan mimpinya menginjakkan kaki ke Tanah Suci Makkah berkat bantuan dari Pemda Tana Toraja untuk melaksanakan ibadah umroh secara gratis.

Keenam orang yang mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan ibadah umrah ini, masing-masing Muh. Kala Tina (Imam Masjid Rembon), Sabang (penjaga Masjid To’kaluku Makale), Bakri Matumamma (Imam Masjid Turunan), Minggu Amin (Imam Masjid Makale Selatan), Ismail Soning (Penjaga Masjid Batualu), Kasman Dini (Penjaga Masjid Raya Makale).

Baca Juga  Pemilih Tetap Pilgub Sulsel di Tana Toraja 159.633 Orang

Bacaan Lainnya

Program Umroh Gratis ini merupakan salah satu bagian dari Visi Misi pemerintahan Nico-Victor yang bernama Spirit Kaum Dhuafa. Pemberangkatan tahun ini merupakan pemberangkatan pertama dan ke depan, setiap tahunnya akan tetap berjalan.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, melepas langsung keenam calon peserta ibadah umrah menuju Makassar untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan administrasi sebelum berangkat ke Tana Suci Makkah, 27 Desember 2017 mendatang.

Baca Juga  Kapolres Tana Toraja yang Baru Adalah Ahli Pemberantasan Korupsi

Ditemui di ruang kerjanya, Jumat petang, 8 Desember 2017, Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae mengatakan program ini merupakan progran spirit keumatan bagi masyarakat Toraja yang kurang mampu namun memiliki kontribusi besar dalam mendorong kelancaran kegiatan keumatan.

“Semoga dengan adanya program ini, masyarakat Toraja bisa lebih saling menghargai dan saling memahami didalam menjalankan ajaran agama masing-masing. Kita berharap saudara yang berangkat ke Tana Suci Makkah benar-benar bertawakkal dan menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya dan kembali ke Toraja dengan baik tak kurang satu apapun,” ungkap Nicodemus.

Sementara itu, Ketua Panitia pemberangkatan peserta Ibadah Umroh Gratis bantuan Pemkab Tana Toraja, Nur Sidik Achmad, mengatakan keenam orang yang diberangkatkan ini merupakan golongan kaum dhuafa berdasarkan hasil pengamatan panitia dan benar-benar berkontribusi dalam mendorong kegiatan keagamaan.

Baca Juga  Janji Menteri Pertanian Soal Bantuan Ternak Mulai Disalurkan di Tana Toraja

“Makanya kita pilih dari Imam Masjid dan penjaga masjid. Untuk pemberangkatan tahun berikutnya, kami sudah mulai melihat dari sekarang mana yang layak untuk diberangkatkan selanjutnya sehingga beberapa persiapan kelengkapan surat-surat dan kesehatan memang harus disiapkan dari sekarang,” ungkap Nur Sidik Program.

Spirit keumatan ini tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat muslim Toraja tapi juga bagi masyarakat Kristen berupa bantuan perjalanan ziarah ke Yerussalem. (Arsyad Parende)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *