Pastikan Hak Demokrasi Masyarakat, KPU Toraja Utara Gelar Uji Publik DPS

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara terus bekerja keras melakukan sosialisasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Toraja Utara tahun 2020.

Selain menempel di tempat-tempat strategis hingga ke pelosok, KPU juga menggelar Uji Publik DPS yang berlangsung di Kantor KPU Kabupaten Toraja Utara, Sabtu, 26 September 202.

Bacaan Lainnya

Uji publik ini menghadirkan multi stakeholder, termasuk organisasi kemasyarakatan dan pelaku civil society lainnya, dengan tujuan mendapatkan masukan, saran, dan kritikan demi kesempurnaan data pemilih yang akan digunakan di Pilkada.

“Uji Publik ini kita lakukan untuk memastikan agar semua masyarakat yang sudah cukup umur dan memenuhi syarat untuk menggunakan hak demokrasi (memilih), bisa menggunakan hak demokrasinya pada Pilkada, 9 Desember 2020 mendatang,” ujar Ketua KPU Toraja Utara, Bonie Freedom.

Bonnie menyebut, daftar pemilih sementara (DPS) berjumlah 162.194 orang. Data ini akan terus diperbaharui hingga penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Kami sangat mengharapkan masukan dari para pemangku kepentingan, termasuk ormas dan masyarakat pada umumnya demi sempurnanya DPT nanti,” kata Bonie.

Sementara itu, Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, KPU Kabupaten Toraja Utara, Simeon Sarira, mengatakan uji publik ini bertujuan agar masyarakat, pemerintah, dan pasangan calon bisa memberikan masukan atau tanggapan sekaitan perbaikan daftar pemilih.

“Kami sebagai penyelenggara tentu akan lakukan falidasi data sesuai saran dan masukan yang kami terima,” kata Simeon.

Simeon menambahkan, syarat utama sebagai pemilih ialah berumur 17 tahun dan memiliki KTP Elektronik sehingga diharapkan masyarakat yang belum terdaftar segera dilaporkan ke PPK/KPU sebelum tanggal 16 Oktober 2020 atau sebelum DPS ditetapkan menjadi DPT.

Simeon mengatakan, selain bisa dilihat di pengumuman yang ditempel petugas di lokasi-lokasi strategis, masyarakat juga bisa mengecek; apakah dirinya sudah tercatat atau belum situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id atau cekpemilih.kab-torajautara.kpu.go.id atau sms broadcast 081319455971 melalui NIK,  contohnya ketik sms NIK ke cekpemilih_kputorajautara. (*)

Penulis: Arthur
Foto: Uji Publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Toraja Utara yang dilaksanakan KPU Kabupaten Toraja Utara, Sabtu, 26 September 2020.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *