OmBas: Kandidat Bupati Mesti Siap Kalah, Siap Menang

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE UTARA — Calon Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang mengingatkan kepada semua kandidat yang bertarung di Pilkada Toraja Utara maupun Tana Toraja untuk siap kalah dan siap menang.

Karena menurutnya, dalam kontestasi politik seperti Pilkada yang diikuti lebih dari satu pasangan calon, itu ibadat pertandingan; pasti ada yang menang dan kalah.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan OmBas, begitu Yohanis Bassang, biasa disapa, saat memberi sambutan pada acara peresmian dan perkuliahan pendana Universitas Atma Jaya Makassar di Tana Toraja, yang berlangsung di SPP Pala-Pala, Makale Utara, Selasa, 22 September 2020.

“Para kandidat juga, kalau tidak mau kalah, ya jangan bertanding, ya to? Itu resiko. Dan sebuah pertandingan, pasti ada yang menang, ada yang kalah. Oh yanna aku siap, tapi lebih siap menang,” ujar OmBas disambut tawa hadirin.

Saat menyampaikan perihal Pilkada, mantan Wakil Bupati Mimika, Papua ini terlebih dahulu meminta izin kepada semua hadirin, dan menegaskan bahwa semua pernyataannya bukanlah kampanye, tapi sekedar pencerahan mengenai hakekat demokrasi.

Menurut OmBas, yang berpasangan dengan Frederik Victor Palimbong di Pilkada Toraja Utara, hakekat demokrasi adalah rakyat diberi ruang dan kesempatan, untuk menentukan pilihannya, memilih pemimpinnya lima tahun ke depan. Jangan hanya gara-gara Pikada ada yang bertengkar dan tidak akur.

Andi’na gara-gara yate pemilihan, andi’na den sikabenge’ lulako ludiomai. Tae’na bisa susito! Demokrasi itu pasti ada menang, ada kalah,” katanya.

OmBas mengatakan, pilihan itu ada di tangan rakyat, siapa yang akan dia pilih. Ada tiga calon di Pilkada Toraja Utara, ada Kalatiku Paembonan, Yosia Rinto Kadang, dan Yohanis Bassang.

“Kami para calon sekarang adu strategi, adu ide dan gagasan. Sule lako kamu solanasang, mindanna tu miporai gagasannya, idenya, programna, yaya moto,” ujar OmBas.

Dia menyebut, semua calon yang akan bertarung di Pilkada adalah putra terbaik Toraja. Diantara semua calon Bupati maupun Wakil Bupati juga berteman dan bersahabat.

Sisemba’-semba’ sangmaneki,” katanya.

Terkait ide dan gagasannya bersama Frederik Victor Palimbong, OmBas menyebut ada tiga hal yang menjadi prioritas. “Tiga andalan kita di sini, yang akan menjadi prioritas kita dalam membangun. Yang pertama kesehatan, kedua pendidikan, ketiga pariwisata,” terang OmBas. (*)

Penulis: Arthur
Foto: Calon Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang memberikan sambutan pada acara peresmian dan pembukaan perkuliahan perdana Universitas Atma Jaya Makassar di SPP Pala-Pala, Makale Utara, Tana Toraja, Selasa, 22 September 2020.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *