Objek Wisata Permadian Air Panas Alam Kini Hadir di Toraja Utara

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RINDINGALLO —  Diyakini masyarakat setempat sebagai tempat mandi Ibunda Pahlawan Nasional Pongtiku, dua sumber mata air panas alam yang berada di Lembang Ampang Batu, Kecamatan Rindingallo, Toraja Utara, kini dijadikan objek wisata.

Namanya Objek Wisata Air Panas Pongtiku. Dari Pangala’, ibukota Kecamatan Rindingallo, jaraknya sekitar tiga kilometer. Kalau dari Rantepao, jaraknya kurang lebih 22 kilometer.

Bacaan Lainnya

Objek Wisata yang sudah dibangun semi moderen menggunakan dana desa ini akan diresmikan penggunaannya pada Kamis, 9 Januari 2019.

“Diresmikan besok dan siap dibuka untuk umum,” ungkap Herna Ruru Bua, pendamping desa setempat.

Selain dua kolam, di lokasi tersebut juga sudah berdiri beberapa gazebo tempat pengunjung bersantai. Juga fasilitas ganti pakaian untuk pengunjung.

Baca Juga  Objek Wisata Air Panas Pertama di Toraja Utara Diresmikan Wabup

Objek Wisata Air Panas Pongtiku ini, sumbernya ada dua, berdekatan; satu di pinggir sungai dan satunya lagi di tengah sungai. Nama sumber mata air panas inipun, jadi dua, yang satu namanya Pongtiku dan yang satunya lagi Ne’bola.

Selain letaknya di tengah sungai, mata air panas ini diyakini masyarakat setempat sebagai tempat mandi Ibunda Pongtiku, Pahlawan Nasional asal Rindingallo, Toraja Utara. Mandi di mata air ini juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Uniknya lagi, di lokasi air panas ini tidak terdapat belerang, seperti kebanyakan lokasi mata air panas. Benar-benar alami, panas dan menyegarkan tubuh.

Selain bisa mandi-mandi, anda juga bisa memancing di tempat ini. Banyak kok ikan di sana. Apalagi letaknya di pegunungan, sehingga dijamin air segar dan ikannya sehat serta bebas zat kimia.

Baca Juga  Unik, Sumber Air Panas di Sungai, Dipercaya sebagai Tempat Mandi Ibunda Pongtiku

Anda bisa mencapai objek ini menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua.

Objek ini sudah pernah dikunjungi Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, saat melakukan kunjungan kerja ke Rindingallo, beberapa waktu lalu. Kala itu, Rinto mengaku kagum dengan sumber air panas ini. Dia pun bertekad agar air panas ini bisa menjadi objek wisata andalan Toraja Utara.

Di tingkat lembang, pendaping desa, Kepala Lembang, dan tokoh-tokoh masyarakat setempat sudah menyepakati untuk menjadikan lokasi ini sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Lembang (BUMLem).

“Semoga dengan kehadiran objek wisata ini dapat meningkatkan pendapat bagi Lembang Ampang Batu,” turur Herna lagi.

Sembuhkan Penyakit Kulit

Tokoh masyarakat Ampang Batu, Luther Lepong, menyatakan mata air panas ini sudah ada sejak dahulu kala. Mata air panas ini, kata Luther, dahulu digunakan oleh Ibunda Pahlawan Nasional Pongtiku sebagai tempat mandi.

Baca Juga  Unik, Sumber Air Panas di Sungai, Dipercaya sebagai Tempat Mandi Ibunda Pongtiku

Luther juga menyebut, air panas ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit terutama penyakit kulit.

“Yang di pinggir sungai ini, karena menurut cerita merupakan tempat mandi Ibunya Pongtiku maka dinamakan air panas Pongtiku. Kalau yang ditengah sungai sana, karena dulu dikenal dengan istilah Ne’bola, makanya sampai sekarang dinamakan air panas Ne’bola,” urai Luther.

Luther berharap pemerintah kabupaten Toraja Utara membantu mempromosikan objek wisata ini, baik ke dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga ekonomi masyarakat setempat bisa meningkat.

“Ya, harapan kami, kiranya pemerintah kabupaten Toraja Utara membantu membangun objek wisata air panas ini. Supaya kami masyarakat sekitar sini bisa menikmati hasilnya dan bisa meningkatkan perekonomian,” pungkas Luther. (*)

Penulis: Arthur
Foto: dok. Herna RB

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *