Merasa Dirugikan dengan Kehadiran Pasar Subuh, Puluhan Pedagang Kecil Demo ke DPRD Toraja Utara

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Puluhan pedagang yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Pedagang Kecil Kabupaten Toraja Utara melakukan aksi unjuk rasa di kantor DPRD Kabupaten Toraja Utara, Rabu, 21 Oktober 2020.

Mereka melakukan aksi protes terhadap aktivitas pasar subuh di Terminal Bolu yang dinilai mengganggu stabilitas harga serta tidak memiliki payung hukum yang jelas.

Bacaan Lainnya

Kepada para wakil rakyat, pedagang mengeluhkan waktu buka pasar subuh, yang sebelumnya dimulai pukul 04.00 hingga pukul 06.00 Wita, kini dimajukan ke pukul 18.00 Wita hingga tengah malam.

Harga yang lebih murah dan pedagang grosiran dari luar Toraja yang diizinkan langsung berjualan ke masyarakat membuat barang dagangan para pedagang kecil di Pasar Bolu maupun Pasar Pagi Rantepao menjadi kurang laku.

Itu sebabnya, para pedagang kecil meminta pemerintah menertibkan Pasar Subuh karena tidak memiliki payung hukum, baik berupa peraturan daerah atau peraturan Bupati. Sehingga pasar ini bisa disebut pasar liar.

Para distributor sayur-sayuran maupun bumbu dapur dari luar Toraja juga diminta agar tidak melakukan penjualan langsung kepada masyarakat (konsumen).

Aksi unjuk rasa ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Kapolres Toraja Utara, AKBP Yudha Wirajati, terlihat turun langsung ke lapangan memantau pengamanan aksi unjuk rasa.

Aksi diakhir dengan penandatanganan kesepakatan antara pengunjuk rasa dengan tim penerima aspirasi DPRD Toraja Utara, yang berisi penenutup kegiatan pasar malam atau pasar subuh di Terminal Bolu, karena tidak memiliki payung hukum berupa Perda atau Perbup. Kemudian, para distributor bahan pangan atau pedagang grosir yang melaksanakan aktifitas berdagang di luar dari lokasi pasar akan ditertibkan oleh personil Satpol-PP Kabupaten Toraja Utara.

Tim penerima aspirasi DPRD dipimpin Ketua DPRD Toraja Utara, Nober Rante Siama, bersama Yusuf Tangke Manda, dan Ratte Salurante. Turut hadir, Lurah Tallung Lipu Matallo, Aren Rante Maliku, Kabid Trantib Satpol-PP Toraja Utara, Rudi Suling, dan Kabid Bapenda Toraja Utara, Yunus Sumule. (*)

Penulis: Desianti
Foto: Aksi unjuk rasa puluhan pedagang kecil di Pasar Bolu dan Pasar Pagi Rantepao di Kantor DPRD Kabupaten Toraja Utara.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *