Memperkenalkan Pango-Pango Lewat Festival Kopi Toraja 2017

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Pango-Pango adalah sebuah kawasan hutan pinus, yang sedang dikembangkan pemerintah kabupaten Tana Toraja sebagai kawasan wisata agro. Kawasan hutan ini berada di ketinggian 1600-1700 Mdpl.

Letaknya yang cukup dekat dengan kota Makale, ibukota kabupaten Tana Toraja (sekitar 7 kilometer), membuat kawasan ini cukup potensial untuk menjadi objek wisata favorit. Kawasan yang dibuka sejak lima tahun lalu ini, sering dijadikan tempat berkemah dan tracking. Udaranya yang sejuk plus panorama alam yang sangat indah, membuat siapa saja yang berkunjung merasa betah.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Ratusan Remaja Katolik Paroki Rantepao Terima Sakramen Krisma

Sayangnya, sejauh ini, kawasan yang juga dikenal sebagai Negeri di Atas Awannya Tana Toraja ini, belum digarap maksimal. Juga belum mendapat porsi promosi yang signifikan. Dampaknya, jumlah pengunjung ke tempat ini, tidaklah banyak.

Pemerintah Kabupaten Tana Toraja tidak tinggal diam melihat kondisi ini. Berbagai upaya dilakukan, mulai dari pembenahan dan penataan objek, peningkatan infrastruktur transportasi, hingga promosi. Dan salah satu bentuk promosi terhadap kawasan agrowisata ini adalah dengan menggelar Festival Kopi Toraja yang akan digelar pada tanggal 26-27 Agustus 2017.

Tak tanggung-tanggung, festival ini melibatkan banyak pihak, diantaranya Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Tana Tpraja, dan PKK Kabupaten Tana Toraja.

Baca Juga  Satpol PP Tana Toraja Razia Pelajar, Netizen: PNS Bolos Bagaimana?

Informasi yang masuk ke redaksi karebatoraja.com, menyebutkan dalam dua hari itu, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya Kuliner Toraja, Pasar Kopi, Perang Kopi, Kopi Sore (seminar+bincang kopi), serta musik akustik. Hari kedua, akan diisi dengan Kopi Pagi (seminar+bincang kopi) dan Kelas Kopi.

Festival Kopi ini akan menghadirkan bintang tamu barista-barista dan pakar kopi tanah air. Diantaranya Cindy Barista dari Jakarta, Ismail Barista dari Makassar, dan pakar kopi dari PT Sulutco Jaya Abadi, Mr. Sam.

Selain kehadiran para ahli kopi ini, pengunjung festival akan dihibur oleh beberapa band lokal ternama, seperti Tindoki Band, Undergrace/Delta and Friends, serta akuistik dan etnik. (Red/Arsyad Parende/foto: Alfian AL)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *