Mahasiswa KKN UKI Toraja Bersihkan Coretan Vandalis di Gerbang Kecamatan Baruppu

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, BARUPPU — Pintu gerbang kecamatan Baruppu Kabupaten Toraja Utara, yang sebelumnya dipenuhi coretan karena ulah vandalisme dari orang-orang yang tak bertanggung jawab, kini terlihat bersih dan rapih.

Itu setelah 51 mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Baruppu melakukan pengecetan dan pembersihan pintu gerbang itu akhir pekan lalu.

Bacaan Lainnya

Selain menghapus coretan-coretan tak guna di tiang gerbang tersebut, mahasiswa juga mengecat ulang dengan warna yang sama dengan aslinya. Para mahasiswa juga membersihkan rumput dan semak liar yang ada di sekitar gerbang.

Baca Juga  Kondisi Jalan Kian Parah, Pemuda Simbuang-Mappak Ancam Demo Besar-Besaran

“Pintu gerbang ini adalah hal pertama yang dilihat orang ketika mengunjungi kecamatan Baruppu, tapi kondisinya memprihatinkan. Banyak coretan tak jelas dari cat maupun pilox. Kami mahasiswa membersihkan dan mengecat kembali,” ungkap Koordinator KKN UKI Toraja Kecamatan Baruppu, Frans Paskah, saat dikofirmasi karebatoraja.com, Selasa, 20 Agustus 2019.

Frans mengatakan, pintu gerbang ini adalah wajah Baruppu, jadi mestinya semua warga Baruppu dan siapapun yang lewat di situ, sama-sama menjaganya, sehingga kesan baik akan dilihat orang ketika hendak mengunjungi Baruppu.

“Tapi kalau pintu gerbangnya penuh coretan, bagaimana?” sesal Frans.

Dia mengatakan, tiang pintu gerbang masuk Kecamatan Baruppu ini bukan papan tulis, sehingga tidak layak dan bukan tempatnya untuk digunakan sebagai media tulisan.

Baca Juga  Berbagi Kasih, TP PKK Toraja Utara Kunjungi Lapas Makale

“Pintu gerbang ini bukan papan tulis,” tegasnya.

Itu sebabnya, dia meminta kepada seluruh masyarakat Baruppu, generasi muda dan anak-anak agar bersama-sama menjaga, merawat, dan melestarikan pintu gerbang ini.

“Jangan lagi mencoret-coret hal yang tidak jelas di pintu gerbang ini,” pintanya.

Selain membersihkan dan mengecat kembali pintu gerbang, mahasiswa KKN UKI Toraja di empat Posko yang ada di Kecamatan Baruppu juga melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Mereka juga melakukan survey ke beberapa objek wisata potensial yang ada di Baruppu.

“Di lokasi kami banyak sarambu (air terjun) yang indah. Sayangnya akses jalan menuju ke sana masih sangat sulit. Sehingga kita dorong masyarakat serta pemerintah kabupaten Toraja Utara untuk memperhatikan potensi-potensi wisata yang ada di Baruppu ini, terutama akses jalannya,” pungkas Frans. (*)

Baca Juga  Tertangkap Tangan Mencuri, Pemuda Ini Nyaris Diamuk Warga di Ba’tan, Kesu’

Penulis: Desianti
Foto: dok. KKN UKI Toraja Kecamatan Baruppu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *