Luar Biasa, PS Oni Dassi Choir Sabet Medali Emas di Ajang Bali International Choir Festival

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, BALI — Oni Dassi Choir, kelompok paduan suara gabungan siswa-siswi SMA di Tana Toraja, kembali mengukir prestasi membanggakan pada ajang Bali International Choir Festival (BICF) 2017, yang diadakan di Sanur Paradise Hotel And Plaza Bali, 14-20 Juli 2017.

Untuk kedua kalinya secara berturut-turut, mereka berhasil meraih medali emas pada kategori Teenager Choir Category (paduan suara remaja). Bedanya, pada tahun sebelumnya (2016) kelompok paduan suara Oni Dassi Choir juga menyabet penghargaan di kategori yang sama namun baru pada level 1. Tahun ini mereka berhasil tembus ke level IV.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Sah, 1.584 Dukungan untuk IYL-Cakka dari Toraja Utara

“Bangga, tentu saja. Ini prestasi level internasional yang kita persembahkan untuk seluruh masyarakat Toraja,” ungkap Eric Crystal Rante Allo, Ketua Lembaga Pelatihan dan Pengembangan Seni Budaya (LP2SB) Oni Dassi, yang memayungi kelompok paduan suara Oni Dassi Choir.

Crystal menjelaskan, kelompok paduan suara ini terdiri dari 40 anggota dibawah pimpinan Shopianto Tarampak. 40 anggota paduan suara ini dipilih dari beberapa SMA di Tana Toraja melalui audisi.

Sementara itu, pendamping kelompok paduan suara Oni Dassi Choir, Morningzeth Taruktiku, menyatakan perjuangan kelompok Oni Dassi Choir untuk sampai ke babak Championship sungguh sangat berat, karena mereka harus berhadapan dengan paduan suara asal Korea Selatan yang sangat tangguh.

Baca Juga  HUT PGRI Berlangsung Meriah, Camat Rantetayo Dipuji

Ajang BICF ke-6 tahun 2017 ini, kata Morning, diikuti delapan negara dengan 17 kategori. Sulawesi Selatan berhasil menyabet dua penghargaan, yakni Gold Medal untuk paduan suara Oni Dassi Choir pada kategori paduan suara remaja dan Maros Baji Pa’mai Choir, yang menyabet medali perunggu level X pada kategori Folklore Categori.

Pada kategori paduan suara remaja (teenager’s choir category) ada 20 peserta dari lima negara yang ikut berpartisipasi. Pada babak Championship, menyisakan enam peserta. Enam peserta ini, empat mendapat medali emas, dan dua lainnya mendapat medali perak.

Pada babak Championship, Oni Dassi Choir membawakan tiga buah lagu, masing-masing Rejoce, Let it Go, dan Panah Asmara.

Baca Juga  Ibu Ini Bicara Soal Bagiamana Membina Anak Muda Toraja Utara ke Depan

Ajang festival ini pernah juga diikuti oleh siswa siswi dari SMA Kristen Barana’, Toraja Utara. Mereka juga pernah mencetak prestasi di ajang ini. (arthur/foto: dok Morningzeth)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *