Lembang To’Pao, Rembon, Raih Penghargaan Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, REMBON — Lembang (Desa) To’Pao, Kecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja meraih tropy penghargaan Proklim Utama tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Lembang yang didampingi oleh Pusbinlat Motivator-GT dalam lighthouse project ini merupakan salah satu dari 24 lokasi Proklim Utama tahun 2020 di seluruh Indonesia. Ke-24 lokasi ini merupakan hasil seleksi berjenjang dari 813 lokasi di seluruh Indonesia

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Dugaan Korupsi ADD, Mantan Kepala Lembang To’Pao Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Penghargaan dan tropy diberikan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, pada acara Penyerahan Apresiasi Pembinaan Proklim 2020 yang diselenggarakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, Jumat, 23 Oktober 2020.

Kepala Lembang To’Pao, Imanuel Sambira bersama Kelompok Wanita Petani Peneliti sebagai pengusung Proklim To’Pao mengikuti acara penyerahan penghargaan Proklim 2020 di Pusbinlat Motivator-GT di Sangalla’.

Kepada karebatoraja.com, Imanuel mengaku sangat bangga dan terharu atas penghargaan Proklim Utama ini. Prestasi ini, kata Imanuel, diraih berkat kerjasama yang baik antara masyarakat, pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Dinas Lingkungan Hidup, juga berkat pendampingan dan pembinaan dari Pusbinlat Motivator-GT Sangalla’.

“Sehingga kelompok wanita petani dan peneliti sangat serius dalam melakukan aksi-aksi adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim,” terang Imanuel.

Baca Juga  Kebakaran Hanguskan Rumah dan Dua Motor di To’Pao Rembon

Senada dengan Kepala Lembang To’pao, Manajer Program Pusbinlat Motivator-GT Sangalla’, Tadung Ramba menyatakan sangat bersyukur bahwa usaha-usaha adaptasi dan mitigasi yang dilaksanakan oleh masyarakat di Lembang To’Pao dalam menyikapi dampak perubahan iklim, mendapat apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup.

“Ini adalah lokasi dampingan ketiga yang kita dorong dalam sistem registrasi nasional (SRN) untuk ditetapkan sebagai lokasi Proklim,” kata Tadung Ramba.

Bertemakan “Penguatan Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Masa Pemulihan Pandemi Covid-19” yang terlaksana dari tanggal 7 Oktober ditutup tanggal 27 Oktober 2020. Selama kegiatan itu setiap provinsi, kabupaten dan kota se Indonesia melewati tahap verifikasi secara online.

Program Kampung Iklim (ProKlim) merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. Program ini sudah terlaksana sejak tahun 2016. (*)

Baca Juga  Ditimpa Bangunan Rumah, 1 Warga To’pao Rembon Meninggal, 5 Lainnya Luka Berat dan Ringan

Penulis: Desianti
Foto: Kepala Lembang To’Pao, Imanuel Sambira bersama kelompok wanita petani dan peneliti Lembang To’Pao, serta pendaping dari Pusbinlat Motivator-GT Sangalla’ mengikuti acara Penyerahan Apresiasi Pembinaan Proklim 2020 yang diselenggarakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, Jumat, 23 Oktober 2020.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *