Lagi, KPA Anak Rimba Toraja Bangun WC untuk Warga Miskin

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, SALUBARANI — Kelompok Pencinta Alam Anak Rimba Toraja (KPA ART) Salubarani kembali membangun satu unit water closet (WC) untuk warga miskin di Kecamatan Gandangbatu Sillanan melalui program Gerakan Seribu Jamban.

KPA ART membangun satu unit WC untuk Nanda warga miskin yang tinggal di Tendan ku’lang, Kelurahan Salubarani Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Tana Toraja, Sabtu, 26 September 2020.

Bacaan Lainnya

Nanda (Nek Jein) adalah warga miskin berumur 73 tahun yang tinggal digubuk reot yang tidak layak huni berukuran 2×2 meter seorang diri. Nanda, bahkan tidak mendapat bantuan beras sejahtera atau BPJS dari pemerintah. Pekerjaan sehari-hari Nanda dengan mengurus kebun coklat dan kopi. Istri Nanda sudah lama meninggal dunia, dan anak cucu dari beliau sudah memiliki tempat tinggal sendiri di Gandangbatu.

Baca Juga  KPA ART: Musim Kemarau, Hati-hati Nyalakan Api

Puluhan pemuda yang tergabung menjadi anggota KPA ART mulai mengerjakan pembuatan jamban sejak hari Jumat, 25 September dan selesai pada hari ini Sabtu, 26 September 2020.

Stella Windasari Lande, Ketua Panitia “Gerakan Seribu Jamban” KPA ART dengan tema “Hidup Sehat dengan Buang Air Besar Pada Tempatnya”mengatakan kegiatan ini adalah bagian dari kampanye cinta lingkungan dengan mengajak masyarakat membangun kebiasaan untuk tidak buang air besar (BAB) sembarang tempat.

“Gerakan ini juga adalah upaya untuk mengajak anak muda menjadi pelopor hidup bersih dan sehat,” ucap Stella.

Kegiatan sosial yang dirampung dalam bentuk pembuatan jamban bagi warga miskin adalah program jangka panjang, setelah sebelumnya KPA ART Juga menyelesaikan pembuatan jamban bagi warga miskin yang ada di Lembang Gandangbatu dan Lembang Garassik, Kecamatan Gandangbatu Sillanan.

Baca Juga  Penjual Dedak Terseret Arus di Enrekang, KPA Anak Rimba Toraja Ikut Mencari

Sementara itu Wahyu Dirga, Ketua umum KPA ART Salubarani mengatakan “WC yang kita bangun hari ini adalah jamban yang keempat (GSJ IV), sebelumnya kami telah membangun jamban untuk Lumu’, Muh. Jafar S, dan Mokki’ warga miskin di Lembang Gandangbatu dan Lembang Garassik Kecamatan Gandangbatu Sillanan.

“Harapan kami semoga dengan kegiatan yang kami laksanakan dapat menjadi motivasi buat pemuda-pemudi khususnya di wilayah Toraja agar dapat peduli dengan kondisi sosial dan dapat pula menjadi perhatian bahwa di wilayah Toraja secara khusus masih banyak warga miskin yang luput dari perhatian pemerintah,” harapa Wahyu Dirga.

Dana pembuatan WC ini adalah hasil penggalangan dana anggota KPA ART dan juga kerja sama dengan Fajar Mart Mengkendek. Pembuatan WC ini juga memanfaatkan ban mobil bekas untuk septic tank guna mengkampanyekan pemamfaatan limbah menjadi bahan yang lebih berguna. (*)

Baca Juga  FOTO: Diksar VII KPA Anak Rimba Toraja

Penulis: Abdul Munir
Foto: KPA Anak Rimba Toraja membangun sebuah WC untuk warga miskin di Salubarani, Tana Toraja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *