KPU Tana Toraja Umumkan Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada Tahun 2020

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja mengumumkan jadwal dan persyaratan pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada Tana Toraja tahun 2020.

Pengumuman jadwal dan persyaratan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati ini disampaikan Ketua KPU Kabupaten Tana Toraja, Rizal Randa kepada media, Jumat, 28 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

“Pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja dimulai tanggal 4 sampai dengan 6 September 2020,” terang Rizal Randa.

“Tempat pendaftaran di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tana Toraja Jalan Tongkonan Ada’ Makale,” ujar Rizal lebih lanjut.

Rizal menguraikan, ketentuan pendaftaran yakni partai politik atau gabungan partai politik tingkat Kabupaten dapat mendaftarkan bakal pasangan calon dengan syarat minimal 20% (dua puluh persen) dari jumlah kursi DPRD Kabupaten Tana Toraja, yaitu 6 (enam) kursi atau minimal 25% (dua puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilihan Umum Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja.

“Partai politik atau gabungan partai politik yang akan mendaftarkan bakal pasangan calon harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan KPU Kabupaten Tana Toraja beberapa hari sebelumnya, untuk menyampaikan rencana waktu pendaftaran,” tegas Rizal.

Pada saat pendaftaraan, urai Rizal lebih lanjut, dihadiri oleh bakal pasangan calon dan pimpinan partai politik pengusul dengan menggunakan alat pelindung diri (APD). Dokumen dibuat 2 (dua) rangkap yang terdiri dari asli dan salinan, masing-masing rangkap dimasukkan ke dalam map yang dibungkus dengan bahan yang tahan terhadap zat cair. Sampul depan ditulis dengan huruf kapital nama Bakal Pasangan Calon.

“Formulir pendaftaran dapat diperoleh di Kantor KPU Kabupaten Toraja Utara atau melalui website www.kab-tanatoraja.kpu.go.id. Kantor KPU terbuka setiap jam kerja. Bagi partai politik atau bakal pasangan calon yang mendapatkan informasi lebih lengkap, silahkan ke kantor,” kata Rizal.

Pengumuman ini, kata dia, dikeluarkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang, sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2020.

Juga Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2020. Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020.

Kemudian Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana nonalam Corona Virus Disease (Covid-19). Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 394/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2020 tentang Pedoman Teknis Pendaftaran, Penelitian, dan Perbaikan Dokumen Persyaratan, Penetapan, serta Pegundian Nomor Urut Pasangan Calon dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. (*)

Penulis: Desianti
Sumber: KPU Kabupaten Tana Toraja

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *