KPU Tana Toraja Ajukan Anggaran Pilkada Rp33,6 Miliar

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja mengajukan anggaran sebesar Rp33.682.703.850 untuk melaksanakan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Anggaran ini diajukan KPU kepada pemerintah dan DPRD Kabupaten Tana Toraja serta diharapkan dapan dialokasikan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Tana Toraja.

Bacaan Lainnya

Draf proposal pengajuan anggaran Pilkada ini disampaikan Ketua KPU Kabupaten Tana Toraja, Rizal Randa, kepada Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, Selasa, 6 Agustus 2019.

Baca Juga  Himpunan Mahasiswa Gandangbatu Sambut Anggota Baru

“Tadi kami sudah sampaikan proposal anggaran Pilkada kepada pemerintah melalui Pak Bupati. Kita berharap, pemerintah dan DPRD segera membahas bersama karena tahapan Pilkada serentak 2020 akan segera dilaksanakan,” ungkap Rizal usai bertemu bupati Tana Toraja.

Rizal mengatakan, anggaran Pilkada kali ini memang lebih besar dibanding lima tahun lalu. Hal ini dilakukan karena beberapa pertimbangan dan perubahan kondisi serta menyesuaikan dengan sistem pemilu yang ada.

Dia menguraikan, kenaikan anggaran Pilkada disebabkan karena ada kenaikan pada honor penyelenggaran adhock, seperti Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS).

Berikut, biaya atribut kampanye pasangan calon ditanggung oleh KPU atau dibiayai negara.

“Kemudian, verifikasi faktual calon perseorangan tidak lagi menggunakan sampel tapi dilakukan secara keseluruhan. Ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” terang Rizal.

Baca Juga  Warga Dihimbau Tidak Sebar Kabar Hoax Soal Gempa

Pada Pilkada serentak 2020, KPU juga akan mengadakan kota suara baru.

“Terakhir, pasti ada inflasi harga antara tahun 2015 dan tahun 2020. Ini semua yang menyebabkan membengkaknya anggaran Pilkada,” urainya. (*)

Penulis/foto: Arthur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *