Kepala Lembang yang Pulang Bimtek dari Bandung Harus Periksa Covid-19 di RS Lakipadada

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Sekretaris Daerah (Sekda) Toraja Utara, Rede Roni Bare, mengambil langkah cepat menyusul keberangkatan puluhan Kepala Lembang dan staf untuk mengikuti bimbingan teknis peningkatan kapasitas di Bandung, Jawa Barat, di tengah merebaknya pandemi virus Corona.

Diketahui, puluhan Kepala Lembang dari Kabupaten Toraja Utara melakukan perjalanan ke luar daerah sejak Minggu, 15 Maret 2020. Selain Kepala Lembang dan staf, ikut juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang (DPML) Toraja Utara, Ritha Rasinan, bersama beberapa staf.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Satgas Covid-19 Tana Toraja Periksa Kesehatan Pekerja Bandara Buntu Kunik

Sekda Rede Roni melalui surat nomor 141/0362/DPML tanggal 14 Maret 2020 yang ditujukan kepada Kadis PML dan para Kepala Lembang menegaskan bahwa setelah pulang dari Bandung agar segera melakukan pemeriksaan kesehatan terkait mewabahnya Virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Pemeriksaan kesehatan terkait Covid-19 itu dilaksanakan di RSUD Lakipadada Tana Toraja.

“Oleh karena itu, semua rombongan agar berhati-hati dan menjaga kesehatan, juga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” tegas Rede Roni.

Sebelumnya diberitakan, di tengah merebaknya virus Corona dan larangan untuk melakukan perjalanan ke luar daerah, puluhan Kepala Lembang beserta staf pendamping dan staf DPML Toraja Utara berangkat ke Bandung untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparat Lembang di Holiday Inn Hotel Bandung.

Baca Juga  Crisis Centre Gereja Toraja Upayakan APD Standar Covid-19 untuk RS Elim Rantepao dan RS Lainnya di Toraja

Bimtek Peningkatan Kapasitas Kepala Lembang, Badan Permusyawaratan Lembang (BPL) dan Perangkat Lembang se Kabupaten Toraja Utara itu dijadwalkan berlangsung dari Senin, 16 Maret 2020 hingga Kamis, 19 Maret 2020.

Informasi tentang keberangkatan para Kepala Lembang ini diketahui dari Surat Edaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang (DPML) Toraja Utara nomor 005/39/DPML/II/2020.

Perjalanan keluar daerah ditengah merebaknya wabah Corona Virus atau Covid-19 ini sangat disesalkan. Betapa tidak, Covid-19 sudah ditetapkan sebagai bencana nasional. Para pejabat daerah maupun masyarakat sudah dihimbau oleh pemerintah agar tidak melakukan perjalanan ke luar daerah.

Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah, melalui Surat Edaran Nomor 440/1972/B.um.UM 2020 telah menghimbau agar para pejabat dan masyarakat menunda perjalanan dinas, bisnis, atau urusan keluarga untuk mencegah persebaran virus Covid-19.

Baca Juga  Kapolres dan Wabup Tana Toraja Pimpin Penyemprotan Disinfektan Massal

Gubernur juga menghimbau agar pemerintah maupun swasta serta masyarakat menunda atau membatalkan penyelenggaraan pertemuan atau rapat yang memungkinkan terjadinya kerumunan banyak orang. (*)

Penulis: Arthur
Foto: dok. istimewah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *