Kalatiku Dukung Kemandirian Pangan Lokal

  • Whatsapp

KAREBA TORAJA — Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, menegaskan Toraja Utara harus mandiri di bidang holtikultura, terutama sayur mayur dan bumbu dapur. Itu sebabnya, ke depan, pemerintah akan menjalin kerjasama dengan lembaga maupun organisasi masyarakat yang ahli di bidang pertanian untuk mendampingi masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kalatiku saat melakukan panen perdana sayur kangkung organik di kebun percontohan milik Lembaga Pekabaran Injil (LPI) bidang pertanian organik di To’Pao, Lembang Bua Tallulolo, kecamatan Kesu’, Rabu pagi, 13 Juli.

Turut hadir dalam panen perdana itu, tokoh Toraja Utara, Jonathan Para’pak, Sekretaris BPS Gereja Toraja, Pdt IY Panggalo, dan beberapa tokoh masyarakat dan gereja lainnya.

Selain panen perdana, Kalatiku dan Para’pak juga melakukan penanaman perdana cabe jenis katokkon dan tomat organik. Kepada pengelola kebun percontohan LPI, Kalatiku mengatakan akan menjalin kerjasama dengan dinas terkait untuk memberikan pelatihan cara bertani organik yang benar.

“Ada peluang kerjasama dengan pemerintah seperti yang diungkapkan Pak Bupati. Kita akan dukung program pemerintah untuk kemandirian di bidang pangan,” tutur Elianus Samben, salah satu pengelola kebun percontohan organik LPI. (htp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *