Kadiskes Toraja Utara: Rapid Test di Puskesmas Gratis

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara, Elisabeth Zakaria, menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir untuk melakukan rapid test di Puskesmas-Puskesmas yang ada di wilayah Toraja Utara karena tidak dipungut biaya alis gratis.

“Iya, perintah Bapak Bupati, rapid test tidak boleh memberatkan masyarakat, harus gratis,” ungkap Elisabeth, Rabu, 22 Juli 2020.

Bacaan Lainnya

“Tapi khusus untuk warga Kabupaten Toraja Utara,” tegasnya lebih lanjut.

Penjelasan Elisabeth ini menjawab keraguan beberapa warga yang pernah beriteraksi dengan warung Batagor Kang Ujang di Rantepao, yang diminta untuk melakukan cek kesehatan di Puskesmas-Puskesmas terdekat karena ada salah satu orang yang tinggal di warung tersebut positif Covid-19.

“Tidak usah ragu, apalagi khawatir berlebihan. Lebih baik mencegah dengan memeriksakan diri ke Puskemas terdekat. Itu juga agar memudahkan kami melakukan pelacakan. Karena ini warung, kita tidak tahu siapa yang pernah berkunjung maupun yang beli makanan di situ,” terang Elisabeth.

Elisabeth juga menambahkan masyarakat tidak perlu takut, apalagi bersembunyi karena takut atau khawatir berlebihan. Karena kejujuran masyarakat sangat dibutuhkan untuk memutus mata rantai penularan virus Corona.

Dia juga menghimbau kepada warga yang baru datang dari luar daerah agar melakukan isolasi mandiri dan menahan diri untuk tidak berinteraksi dengan orang lain hingga masa isolasi mandiri selesai.

“Begitu pula yang mau bepergian ke daerah-daerah zona merah, saya menghimbau, jika tak terlalu penting, tunda dulu. Ini demi kebaikan kita bersama,” kata Elisabeth. (*)

Penulis: Arthur
Foto: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara, Elisabeth Zakaria.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *