Kadis DPML Tana Toraja: Dana Desa Bisa Digunakan untuk Penanggulangan Bencana Alam

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Bencana alam adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau Dinas PUPR. Pemerintah Desa (Lembang) bisa menggunakan dana desa untuk menanggulangi bencana alam skala kecil.

“Itu (penggunaan dana desa untuk penanggulangan bencana) salah satu prioritas pada dana desa,” tutur Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang (DPML) Tana Toraja, Marida Bungin, kepada karebatoraja.com, Kamis, 5 Maret 2020 malam.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, pihaknya sudah menyarankan kepada para Kepala Lembang dan BPL untuk memasukan anggaran penanggulangan bencana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Lembang (APBL). “Kalau tidak ada di APBL induk, bisa masuk di perubahan,” katanya.

Baca Juga  Simulasi Penanganan Bencana Warnai Pencanangan HKBN di Tana Toraja

Marida mengatakan penggunaan dana desa untuk penanggulangan bencana alam sangat dimungkinkan karena sudah ada Peraturan Menteri Desa Tertinggal yang mengaturnya.

“Itu diatur dalam Permendes nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020,” jelasnya.

Pada Permendes nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2020 itu diatur juga dana desa untuk kegiatan penanggulangan bencana. Mulai dari mitigasi bencana, tanggap darurat bencana, hingga kegiatan rehabilitasi pasca bencana.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi penanggulangan bencana daerah di Rumah Jabatan Bupati Tana Toraja, Selasa, 3 Maret 2020, Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, memerintahkan semua Lembang dan Kelurahan untuk membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Bencana. Dalam satuan tugas itu juga termaktub penggunaan dana desa untuk penanggulangan bencana. (*)

Baca Juga  Dituntut Ganti Rugi Karena Rusak Lingkungan, PLTA Malea: Itu Bencana Alam

Penulis: Arsyad Parende
Foto: dok. DPML Tana Toraja

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *