Jauh-jauh dari Manado Para Mahasiswa Ini Datang Pungut Sampah di Toraja

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Persoalan kebersihan di objek-objek wisata di Tana Toraja dan Toraja Utara ternyata menumbuhkan keprihatinan banyak kalangan; baik yang ada di Toraja maupun di luar. Contohnya, para mahasiswa Toraja dari Manado ini.

Ya, beberapa mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Toraja di Manado menggelar aksi bersih sampah di tiga objek wisata Toraja, saat libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang lalu. Mereka pulang ke Toraja tidak hanya untuk berkumpul bersama keluarga tapi juga dengan berbagai kegiatan sosial.

Bacaan Lainnya

Jauh-jauh dari Manado untuk berlibur beekumpul bersama keluarga bukannya menghabiskan waktu bersama keluarga tapi justru membagi waktu untuk kegiatan sosial. Peduli dengan Pariwisata Toraja, mahasiswa Toraja di Manado ini menggelar Bakti Sosial dengan kegiatan aksi bersih di tiga objek wisata berbeda, yakni objek wisata Negeri di Atas Awan To’Tombi dan Tongkonan Lempe Lolai serta Kawasan Wisata Religi Patung Yesus Buntu Burake, pada Jumat, 12 Januari 2018.

Dengan berbekal karung, para mahasiswa ini menyusuri setiap sisi kawasan objek wisata. Alhasil, sebanyak dua bak mobil pick up sampah buangan wisatawan dan pengunjung berhasil dikumpulkan para mahasiswa.

Ketua Panitia Bakti Sosial, Jecklein Ranteallo, mengatakan banyak sampah yang dibuang sembarang oleh pengunjung. “Kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian kami mahasiswa Toraja di Manado dalam mendukung pariwisata Toraja. Kegiatan seperti ini kami sudah programkan setiap tahun,” katanya.

Selain membersihkan sampah, mahasiwa juga memasang spanduk mini sebagai bentuk himbauan kepada wisatawan agar menjaga kebersihan. Mahasiswa juga membagikan kartu ucapan Natal dan Tahun Baru kepada pengunjung di tiga objek wisata tersebut. (Arsyad Parende)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *