Jaga Populasi, Komunitas Toraja Fishing Club Sebar 2.000 Bibit Ikan Mas di Sungai Sa’dan

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Komunitas Pemancing Ikan Toraja bernama Toraja Fishing Club memiliki kepedulian yang besar terhadap keberlangsungan populasi ikan air tawar di wilayah Toraja (Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara).

Menggandeng badan usaha yang bergerak di bidang budidaya ikan air tawar bernama UD. Bintang Maelo, anggota komunitas Toraja fishing club melepas 2. 0000 bibit ikan mas di lima titik disepanjang aliran Sungai Sa’dan yang membentang melewati dua kabupaten di Toraja. Lima titik ini, masing-masing di wilayah Kecamatan Sa’dan yang dilepas langsung oleh warga sekitar, kemudian di daerah Alang-alang Kelurahan Nonongan Kecamatan Sopai, di daerah Bera kelurahan sandabilik, daerah Batupapan, dan pertemuan salu (sungai) Surame dan Sungai Sa’dan di Starda Kota Makale.

Bacaan Lainnya

Kegiatan pelepasan ribuan bibit ikan Mas ini dipimpin langsung oleh Yan Pe’tong selaku penggagas komunitas Pemancing Ikan “Toraja Fishing Club” dan Pemilik UD Bintang Maelo R. Abraham.

Yan Pe’tong Selaku Penggagas TFC (Toraja Fishing Club) mengatakan kegiatan ini murni gagasan dari teman-teman komunitas TFC dengan pemilik usaha budidaya ikan air tawar UD Bintang Maelo.

Yan Pe’tong mengatakan aksi ini dilakukan semata bentuk kepedulian terhadap kelestarian ikan air tawar di sepanjang aliran sungai Sa’dan bisa tetap terjaga.

“Aksi yang Kita lakukan ini juga sekaligus edukasi kepada masyarakat bahwa komunitas Pemancing Toraja dan masyarakat secara umum jangan hanya berfiki bagaimana menangkap ikan tapi juga harus berfikir bagaimana menjaga populasi ikan di Salu Sa’dan tetap terjaga,” ungkap Yan Pe’tong.

Yan Pe’tong berharap kepada warga khususnya yang suka menangkap ikan disepanjang aliran Sungai Sa’dan agar menangkap ikan dengan cara tradisional misalnya memancing, pukat atau jala, bukan dengan racun atau strum agar populasi ikan tetap terjaga.

Sementara itu R. Abraham Pemilik UD Bintang Maelo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang budidaya ika air tawar yang menjadi distributor ikan khususnya Toraja, Enrekang dan Mamasa berkomitmen kegiatan ini akan rutin dilaksanakan minimal 2 kali dalam setahun agar populasi ikan air tawar betul – betul terjaga. (*)

Penulis: Arsyad Parende
FOTO: Komunitas Toraja Fishing Club menebarkan ribuan bibit ikan mas di Sungai Sa’dan.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *