Jadi Terlapor di Polres Tana Toraja, Fanpage Toraja Production “Menghilang” dari FB

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Fanpage (halaman) Toraja Production “menghilang” dari Facebook. Pantauan karebatoraja.com, fanpage yang memiliki 60 ribu lebih followers ini menghilang sejak Selasa, 20 Agustus 2019, sekitar pukul 19.00 Wita.

Padahal, sekitar pukul 18.26 Wita, fanpage ini masih aktif dan masih menjawab konfirmasi karebatoraja.com melalui messenger. Konfirmasi ini terkait laporan seorang warga bernama Ima (pemilik akun youtuber Bedu Ima) ke polisi.

Bacaan Lainnya

Iya selamat malam. Iya benar sya telah mengupload video dari youtuber bedu ima, dan tujuan saya disini hanya untuk memperkenalkan budaya toraja. dan channel youtube bedu ima saya cantumkan diketerangan video,” demikian bunyi pesan klarifikasi dari Toraja Production menjawab konfirmasi karebatoraja.com.

Namun beberapa saat kemudian, fanpage ini menghilang dari facebook; entah dinonaktifkan atau dihapus oleh pemiliknya. Mesin pencari facebook tidak lagi menemukan fanpage ini.

Baca Juga  Sopir Bus Jurusan Toraja-Makassar Dites Narkoba Mendadak, Ini Hasilnya

Sebelumnya, pemilik akun youtube, Bedu Ima, melaporkan dugaan kasus pelanggaran hak cipta ke Mapolres Tana Toraja dengan terlapor pemilik fanpage Toraja Production.

“Pengambilan video tanpa izin pada tanggal 20 Agustus 2019 pukul 15.00 Wita. Saya Ima, pemilik channel youtube “Bedu ima”, melaporkan inisial AL pemilik akun facebook “Toraja Production”, atas kasus pelanggaran hak cipta di Polres Tana Toraja,” ungkap pemilik akun Youtube “Bedu Ima”, Ima, usai diambil keterangan oleh polisi di Mapolres Tana Toraja, Selasa, 20 Agustus 2019.

Menurut Ima, akun Toraja Production telah mengambil tiga video miliknya di Youtube tanpa izin, kemudian menguploadnya di akun facebook miliknya untuk mendapat keuntungan pribadinya ( kekayaan intelektual ).

Baca Juga  27 Orang Meninggal di Jalanan Toraja Selama Tahun 2017

“Video pertama saya diambil oleh Toraja Production pada tanggal 3 Agustus 2019, yang sebelumnya telah saya upload di channel saya pada tanggal 13 Juli 2019, yang berjudul “7 Ciri Khas Toraja yang Wajib Kamu Tahu”. Video kedua, diambil pada tanggal 08 Agustus 2019 yang berjudul “Ngeri!! Bawa Api Sambil Berlari di Atas Atap Tongkonan” Video ketiga, diambil pada tanggal 18 Agustus 2019 yang berjudul “Amazing! Ternyata Presiden Jokowi Punya Lumbung Padi di Toraja”,” urai Ima.

Youtubers yang juga seorang jurnalis ini merasa sangat keberatan dan merasa dirugikan atas kejadian yang dilakukan oleh Toraja Production, yang tidak memiliki penghargaan terhadap karya milik orang lain dan bebas melakukan tindakan tersebut tanpa perasaan bersalah. (*)

Baca Juga  Diduga “Pungli”, Lurah Tallunglipu Matallo Diadukan ke Polisi

Penulis/foto: Arsyad Parende

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *