Ini yang Harus Dilakukan Pengurus Parpol Agar Bisa Jadi Peserta Pemilu 2019

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tana Toraja kembali mengingatkan partai politik di daerah untuk melengkapi beberapa dokumen yang belum lengkap sebelum memasuki tahap verfikasi faktual 01 Desemeber 2017 mendatang. Jika tidak lolos verifikasi, sudah bisa dipastikan, partai politik tersebut, tidak bisa mengikuti pemilu 2019.

Hal ini disampaikan Ketua KPUD Tana Toraja, Rizal Randa, pada acara sosialisasi verifikasi partai politik calon peserta pemilu 2019 kepada para pengurus partai politik calon peserta pemilu 2019 , di Hotel Pantan Makale, Selasa, 28 November 2017.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Mantan Presiden Soeharto Pernah Berkunjung dan Mendapat Gelar Adat Toraja

Dalam sosialisasi ini, KPUD Tana Toraja menyampaikan beberapa tahapan penelitian dan perbaikan administrasi yang harus dipenuhi partai politik calon peserta pemilu 2019, yakni penilitian administrasi, meliputi penelitian kelengkapan, keabsahan dan kebenaran dokumen persyaratan partai politik calon peserta pemilu.

Lanjut Rizal, langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses penilitian administrasi ada lima hal. Pertama, penilitian administrasi dengan cara mencocokkan nama anggota partai politik yang tercantum dalam Lampiran 2 model F2-parpol. Kedua, dalam hal terdapat dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang tidak memenuhi syarat seperti ASN, TNI/POLRI, belum 17 tahun. Ketiga, Dalam hal pada saat ditemui anggota partai politik menyatakan anggota partai lain dan bukan menjadi anggota partai politik tertentu, keanggotaannya tidak memenuhi syarat dan dicoret dari daftar anggota partai tertentu.

Baca Juga  Ketua PSSI Toraja Utara Optimis Tim Danone Bisa Tembus Level Internasional

Ke empat, dalam hal anggota partai politik menyatakan sebagai anggota partai politik lain dan bukan menjadi anggota partai politik tertentu sebagai mana dimaksud ayat (3), namun anggota yang bersangkutan tidak bersedia mengisi formulir lampiran 2 model.BA.ADM.KPU.KAB/KOTA-PARPOL, keanggotaannya tetap sah ntuk partai politik tertentu tersebut. Dan Kelima, atau yang terakhir yakni, KPUD menuangkan hasil penelitian administrasi keanggotaan partai politik kedalam berita acara hasil penelitian administrasi.

“Kelima langkah-langkah di atas wajib untuk dilaksanakan,” tegas Rizal.

Usai proses penelitian administrasi anggota partai politik peserta pemiluh 2019, hasilnya disapaikan oleh pihak KPUD Tana Toraja, dan apabilah ada yang perlu diperbaiki terkait hasil penelitian administrasi, pengurus partai politik tersebut menyampaikan dokumen persyaratan keanggotaan partai politik ke KPUD, yang nantinya akan diteliti ulang oleh KPUD dan apabila semua tahapan selesai, KPUD akan menyampaikan salinan berita acara hasil final kepada pengurus partai politik tingkat kabupaten/kota. (Arsyad Parende)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *