Ini Gelar Adat Presiden Joko Widodo Kalau Jadi Datang Resmikan Toraja Airport

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan Bandar Udara baru di Tana Toraja, yakni Bandara Buntu Kunik (belakangan diusulkan berubah menjadi Toraja Airport), pada Agustus 2020 mendatang.

Informasi ini berdasarkan surat penyampaian daftar kegiatan infrastruktur transportasi yang bisa diresmikan tahun 2020 dari Kementerian Perhubungan kepada Sekretaris Kabinet tanggal 12 Mei 2020.

Bacaan Lainnya

Dari lampiran surat tersebut, Bandara Buntu Kunik atau Toraja Airport berada di nomor urut 30 dari 31 proyek infrastruktur perhubungan yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo  dari bulan Juli-Desember 2020.

Baca Juga  Staf Bandara Pongtiku Rantetayo Dites Urine Dadakan, Begini Hasilnya

Menindaklanjuti surat Menteri Perhubungan kepada Sekretaris Kabinet ini, Kepala Bandara Pongtiku Rantetayo, Jafriadi S, menyurati Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, sebagai penyampaian sekaligus persiapan untuk peresmian tersebut.

“Suratnya sudah kami sampaikan ke Pak Bupati terkait jadwal peresmian Bandara Buntu Kunik di Mengkendek, yang dijadwalkan dari Kementerian Perhubungan pada bulan Agustus 2020,” ujar Jafriadi, saat dikonfirmasi, Kamis, 14 Mei 2020.

Menindaklanjuti rencana ini, tokoh-tokoh adat Toraja dan pemerintah kabupaten serta DPRD Tana Toraja menggelar Kombongan (musyawarah besar), untuk mengusulkan nama baru pengganti Buntu Kunik, pada Kamis, 22 Mei 2020.

Tokoh-tokoh adat dari 19 kecamatan di Kabupaten Tana Toraja menyepakati “Toraja Airport” untuk diusulkan menjadi nama Bandar udara baru di Tana Toraja, yang sebelumnya sering disebut Bandara Buntu Kunik di Kecamatan Mengkendek.

Baca Juga  Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Natal Nasional di Toraja Utara

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Tana Toraja, Bonifacius Paundanan, selain nama Bandara, kombongan tersebut juga membahas gelar adat untuk Presiden Jokowi, yang dijadwalkan akan meresmikan Toraja Airport pada bulan Agustus mendatang.

Adapun gelar Adat yang akan diberikan untuk Jokowi adalah “Turiangna Gayang Langi’ Tarapangna To Palullungan Sangulele” yang bermakna seorang pemimpin yang dianugerahi Tuhan sebagai pribadi yang bijaksana, berkhidmat, tegas, adil, pengayom masyarakat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, dibahas pula pakaian adat Toraja yang akan dikenakan Presiden Jokowi dalam acara peresmian bandara dan pemberian nama adat adalah pakaian kebesaran suku Toraja, yaitu Bayu Pa’tannun Mabusa (Baju Dan sarung Tenun putih dan Passapu Tallu Silolok).

Baca Juga  Bandara Buntu Kunik Berganti Nama Menjadi Toraja Internasional Airport

Penulis: Arsyad Parende
Foto: dok. Kareba Toraja

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *