Ini Fakta-fakta Seputar 7 Warga Positif Covid-19 di Toraja

  • Whatsapp

Tujuh warga Tana Toraja dan Toraja Utara dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasarkan polymerase chain reaction (PCR) Swab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Tes Swab adalah satu-satunya tes yang direkomendasikan oleh Departemen Kesehatan RI untuk mendeteksi virus SARS-CoV-2 atau Covid-19.

Tujuh kasus positif Corona ini membuat warga Toraja was-was, khawatir, dan sebagian menjadi takut dengan keberadaan virus yang hingga saat ini belum ditemukan vaksinnya ini.

Bacaan Lainnya

Namun, fakta yang terjadi di sekitar tujuh warga yang dinyatakan positif Covid-19 ini tidaklah seseram atau menakutkan seperti yang dilihat pada video-video di luar negeri yang bertebaran di media sosial. Selain presentase kesembuhan yang sangat besar (hampir 100%), hampir semua warga yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 ini dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan gejala seperti yang diketahui selama ini, seperti batuk, demam tinggi, sesak napas, sakit tenggorokan, dan lain-lain. Hanya pasien 02 Tana Toraja yang memiliki penyakit penyerta.

Baca Juga  Reaktif Rapid Test, Hasil PCR Swab 2 Warga Toraja Utara Negatif Covid-19

Kemudian, waktu kesembuhan (dinyatakan sembuh/bebas Corona) juga relatif singkat.

Pasien 01 Tana Toraja, yang merupakan Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, hanya membutuhkan waktu 14 hari perawatan dan isolasi kemudian dinyatakan bebas Corona setelah menjalani dua kali kontrol Swab. Demikian pula pasien 02 dan 03 Tana Toraja.

Direktur RSUD Lakipadada, dr Syafari Mangopo, mengatakan seorang pasien positif Corona baru bisa dinyatakan bebas atau sembuh dari virus itu setelah melalui dua kali kontrol Swab dengan hasil negatif.

Pasien 04 dan 06 Tana Toraja lebih cepat lagi kesembuhannya. Warga Pasar Baru Makale dan Rantetayo ini diumumkan positif Corona pada Jumat, 29 Mei 2020. Dan pada Minggu, 7 Juni 2020, Satgas Covid-19 Kabupaten Tana Toraja mengumumkan bahwa kedua orang ini (salah satunya baru saja melahirkan bayi kembar), dinyatakan sembuh atau bebas dari virus Corona. Hanya butuh waktu 10 hari.

Baca Juga  Ketua DPRD Toraja Utara dan Istri Juga Jalani Rapid Test Covid-19

Fakta lainnya, dari 6 orang warga Tana Toraja yang dinyatakan positif Covid-19, lima diantaranya sudah dinyatakan sembuh, satu lainnya masih menunggu hasil kontrol Swab.

Sementara pasien 01 Toraja Utara, warga Jalan Serang, Tallunglipu, juga mengaku segar bugar meski saat ini sedang menjalani isolasi (wisata Covid-19) di salah satu hotel di Makassar.

Melalui sebuah video yang beredar luas di media sosial pada 4 Juni 2020, pasien laki-laki yang juga mahasiswa Theologia ini, mengaku dalam kondisi sehat, tanpa keluhan apapun. Dia bahkan mengaku hanya diberi vitamin Enervon-C sejak tiba di hotel tersebut dari Toraja Utara pada Minggu, 31 Mei 2020. Melalui video itu, dia juga mengaku sejak tiba di Makassar belum dilakukan pemeriksaan medis.

Tak Menular ke Orang Dekat

Selain tingkat kesembuhan dan kondisi pasien yang segar bugar, fakta lainnya adalah tidak ada satupun keluarga atau orang dekat ketujuh orang tersebut yang dinyatakan positif, baik berdasarkan rapid test maupun PCR Swab.

Baca Juga  Selain Wabub, Ada 7 Warga Tana Toraja yang Positif Berdasarkan Rapid Test Covid-19

Pasca diumumkan menjadi pasien Covid-19, Satgas Covid-19 Kabupaten Tana Toraja langsung melakukan tracking dan tes rapid maupun Swab terhadap keluarga, kerabat, atau orang-orang yang pernah berinteraksi dengan pasien. Hasilnya, ratusan orang dekat pasien yang sudah dites, semua negative Covid-19.

Demikian pula dengan pasien 01 Toraja Utara. Semua anggota keluarga, orang dekat, bahkan pacarnya pun dilakukan rapid test. Hasilnya, semua non reaktif atau negatif Covid-19.

(Berita mengenai fakta-fakta seputar pasien Covid-19 di Tana Toraja dan Toraja Utara ini bisa dicari/search di web: www.karebatoraja.com)

Padahal, jika dibaca di media massa maupun media sosial, di beberapa daerah lain, orang-orang dekat pasien Covid-19, banyak yang dinyatakan positif, bahkan meninggal dunia. (*)

Penulis: Arthur
Data: Arsip Kareba Toraja/Media Centre Covid-19 Tana Toraja/Toraja Utara
Foto: dok. Kareba Toraja

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *