Ibunda Presiden Jokowi Wafat, Ini Foto-foto Saat Almarhumah Berkunjung ke Toraja

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Hj. Sudjiatmi Notomiharjo, wafat di RS Slamet Riyadi, pukul 16.45 Wib, Rabu, 25 Maret 2020  dalam usia 77 tahun.

Hj. Sudjiatmi Notomiharjo pernah berkunjung ke Toraja, selama dua hari, 25-26 Agustus 2016.

Bacaan Lainnya

Berikut agenda Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, selama berada di Toraja, yang sempat direkam oleh redaksi karebatoraja.com.

Kamis, 25 Agustus 2016

Sekitar pukul 16.01 Wita, Kamis, 25 Agustus 2016, di bawah guyuran hujan, ibu kandung orang nomor satu di Indonesia, Sudjiatmi Notomiharjo, tiba di Tongkonan milik Puang Kapala Ranteallo di Tampo, kecamatan Mengkendek, Tana Toraja.

Ibunda Presiden disambut hangat oleh Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae dan Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara. Nampak hadir juga Komandan Kodim 1414 Tana Toraja, Letkol Cpn. Jimmy Sirait dan Kapolres Tana Toraja, AKBP Arief Satriyo.

Baca Juga  SYL Dipanggil dan Menghadap Presiden ke Istana, Calon Menteri?
Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae dan Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, menyambut kedatangan Ibunda Presiden.

Begitu tiba, Ibunda Presiden langsung diajak duduk di lumbung di depan Tongkonan. Setelah itu beliau disuguhkan kopi Toraja dan penganan khas Toraja.

Setelah itu, Ibunda Presiden bersama rombongan mengunjungi rumah kenalan lamanya, yang selama ini dianggap seperti keluarga, Ibu Ratu, di Makale, Tana Toraja.

Usai bertemu, beliau menuju ke Hotel Misiliana Rantepao untuk menginap. Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan dan jajarannya menerima dan menjamu Ibunda Presiden dan rombongan.

Jumat, 26 Agustus 2016

Pagi-pagi, sekitar pukul 05.00 Wita, Ibunda Presiden berkunjung ke objek wisata Negeri di Atas Awan, Tongkonan Lempe, Lolai, Toraja Utara. Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mendampingi Ibunda Presiden.

Ibunda Presiden Jokowi didampingi Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, melayani permintaan warga berfoto selfie di objek wisata Negeri di Atas Awan Lolai.

Di objek wisata yang sangat populer di Toraja Utara itu, Ibunda Presiden, menikmati pemandangan alam selama kurang lebih satu jam, sejak tiba pukul 05.10 Wita hingga pukul 06.15 Wita.

Sayangnya, saat Ibunda Presiden tiba di lokasi, hujan sempat turun. Namun tidak lama kemudian reda, sehingga ibu kandung orang nomor satu di Indonesia ini bisa menikmati awan dan pemandangan Toraja dari ketinggian. Banyak warga yang menggunakan kesempatan langka itu untuk berfoto selfie dengan Ibunda Presiden.

Baca Juga  Agustus 2020, Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Bandara Buntu Kunik Mengkendek
Ibunda Presiden, Sujiatmi Notomiharjo bersama rombongan menghadiri acara Rambu Solo’ di Sanggalangi’, Toraja Utara

Setelah dari Lolai, Ibunda Presiden bersama rombongan menuju ke objek wisata Ke’te Kesu’, Kecamatan Kesu’, Toraja Utara.

Setelah menikmati objek wisata Ke’te Kesu’, Ibunda Presiden bersama rombongan menghadiri upacara Rambu Solo (upacara kematian) di Sanggalangi’.

Ibunda Presiden, Sujiatmi Notomiharjo, bersama keluarga berfoto bersama di Objek Wisata Ke’te Kesu’.

Siang harinya, Ibunda Presiden menuju ke Sangalla’ dan berkunjung ke objek wisata Kingstone Grave Suaya di Kecamatan Sangalla.

Setelah itu, Ibunda Presiden berkunjung ke Tongkonan Sa’pang. Di sini beliau menyaksikan pembukaan bendera pusaka berupa panji (batte manurung) Kepuangan Sangalla. Batte Manurung yang selama ini disimpan di Tongkonan milik keluarga besar Puang Sangalla, Tongkonan Sa’pang ini, konon memiliki hubungan historikal dengan Kerajaan Majapahit di Jawa.

Baca Juga  Ini Gelar Adat Presiden Joko Widodo Kalau Jadi Datang Resmikan Toraja Airport
Ibunda Presiden, Sujiatmi Notomiharjo, berfoto bersama keluarga di objek wisata Suaya, Sangalla’, Tana Toraja

Didampingi Saudari dan Ipar Jokowi

Saat berkunjung ke Toraja, Ibunda Presiden, Sujiatmi Notomiharjo, tidak sendiri. Dia didampingi oleh saudari kandung dan ipar dari Presiden Joko Widodo. Jumlah anggota rombongan sebanyak 26 orang.

Rombongan Keluarga Presiden Jokowi yang berkunjung ke Toraja, terdiri dari Ibu Sujiatmi Notomiharjo, tiga saudari kandung Jokowi, masing-masing Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati, dua saudara ipar, kemanakan, dan beberapa anggota keluarga lainnya.

Tidak banyak anggota keluarga Presiden Jokowi yang mau berbicara kepada media. Namun karebatoraja.com beruntung bisa mewawancarai salah satunya, yakni Kakak Ipar Presiden Jokowi, Mas Arif Budi Sulistiyo.

Arif mengaku sangat mengagumi keindahan Toraja, apalagi budayanya. “Senang banget, Mas. Di sini suasananya masih alami. Budayanya juga masih sangat kuat dan dipegang teguh oleh masyarakat. Bagus sekali,” katanya  (*)

Penulis: Arthur/dok. Kareba Toraja
Foto: dok. Karebatoraja.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *