Hingga September, PAD Pariwisata Toraja Utara Capai Rp2,2 Miliar

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Hingga semester pertama dan memasuki bulan ke tiga semester kedua, Dinas Pariwisata Toraja Utara berhasil memasukkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 2,235 miliar dari Rp3,15 miliar yang ditargetkan dalam APBD Toraja Utara tahun 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Toraja Utara, Harly Patrianto, saat ditemui diruang kerjanya, Jumat, 21 September 2018, mengatakan tetap optimis target PAD sektor parwisata itu bisa tercapai hingga akhir tahun.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Rumah Singgah Tana Toraja Bangun Kemitraan dengan Rumah Sehat Baznas Makassar

“Kita tetap Optimis bisa tercapai tapi memang kita harus dipressure,” ujarnya.

Harly menjelaskan, objek wisata yang paling besar sumbangannya untuk PAD Toraja Utara adalah Ke’te Kesu’, Londa, kemudian To’Tombi memyusul objek wisata lainnya.

“Sementara untuk Tongkonan Lempe, meskipun sudah ada kerjasama tapi belum bisa seperti yang kita harapakan,” katanya.

Harly juga menyinggung masalah objek wisata Pongtorra yang hingga kini belum ada kerjasama dan koordiansi dengan pihak Pemerintah. “Berdasarkan konsultasi kami dengan dinas kehutanan, Pongtorra itu masih masuk dalam kawasan hutan lindung, oleh karena itu maunya pemilik harus punya itikad baik untuk segera berkerjasama dengan Pemda, karena kawasan itu masuk hutan lindung. Kami Dinas Pariwisata tidak boleh bekerjasama,” terangnya.

Baca Juga  Mahasiswa KKN UKI Toraja Ajak Pemuda Bersihkan Pasar Rembon

Jika mau melakukan kerjasama dengan pemerintah, lanjut Harly, pengelolah harus dengan berbicara dengan kehutanan dulu, dan Dinas Pariwisata siap memfasilitasi. “Sebenarnya Hutan lindung itu bisa juga dimanfaatkan untuk pariwisata tetapi harus melalui dulu dengan pembicaraan dan perjanjian dengan pihak kehutanan, nah ini yang belum ada,” urai mantan Kepala Bidang Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan Toraja Utara itu. (Herson Pasuang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *