Hebat, Toraja Utara Jalin Kerjasama Pertanian Dengan Selandia Baru

  • Whatsapp
Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan menyerahkan cinderamata kepada Walikota Selwyn Selandia Baru, Calvin Coe

KAREBA TORAYA — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menjalin kerjasama bidang pertanian dan pendidikan dengan pemerintah kota Selwyn, Selandia Baru.

Kerjasama ini diharapkan dapat membantu Pemkab Toraja Utara dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan perkebunan, terutama kopi Toraja. Selain itu, tukar menukar informasi dan teknologi antara dua daerah diharapkan bisa lebih memajukan dunia pendidikan di Toraja Utara.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, usai menerima Walikota Selwyn, Calvin Coe dan rombongan, mengatakan pemerintah Toraja Utara menyambut baik upaya kerjasama ini. Dia mengatakan pemerintah kabupaten Toraja Utara akan mengintensifkan komunikasi dan mempelajari peluang-peluang apa yang bisa diambil dari kerjasama ini.

“Dengan begitu kita bisa memetik manfaat yang besar dari kerjasama dua daerah ini,” katanya.

Sementara itu, Walikota Selwyn, New Zealand, Calvin Coe mengatakan kunjungannya ke Toraja kali ini adalah melakukan studi banding tentang perkembangan petani dan sistem pertaniannya serta sistem pendidikan di daerah ini.

Dia mengatakan, pemerintah kota Selwyn akan membuka peluang sebesar-besarnya kepada Toraja Utara untuk melakukan tukar menukar informasi pendidikan maupun pertanian dan perkebunan. Khusus, soal kopi, Calvin mengatakan di negaranya harga satu cangkir kopi bisa mencapai Rp150 ribu. Itu sebabnya dia ingin Pemerintah Kabupaten Toraja Utara memproduksi kopi yang berkualitas sehingga bisa dipasarkan ke Selandia Baru.

Usai melakukan audiensi dengan Bupati Toraja Utara, rombongan dari Selwyn New Zealand melakukan kunjungan kerja ke beberapa sekolah, diantaranya SDN 3 Rantepao, SMA Kristen Barana’, dan SMA Kristen Rantepao. (bas/humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *